Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Guru Pembelajar SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi A

Download Modul Guru Pembelajar SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi A

Profesional : Penguasaan dan Ketrampilan Berbahasa Indonesia
Pedagogik : Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik di Sekolah Dasar

 Penulis:
1. Dra. Supraptiningsih,M.Ed, ningsihanglekir@gmail.com
2. Ririk Ratnasari, M.Pd., 0815 4872 3106, riekjkt@gmail.com
3. Ariantoni, 081285993322, ariantoni44@yahoo.com
Penelaah:
1. Dr. Endah Ariani Madusari, M.Pd., 0813 1009 0852, ariani_endah@yahoo.com
2. Drs. Joko Santoso,M.Hum., 0812 2757 9880, jks.fbs@gmail.com
3. Seti Purnawati, 081282749930, seti_purwati@yahoo.com
4. Surtinah, 08119914164, surtinah1508@gmail.com
Ilustrator: Cahyo Sasongko, S,Sn.

Copyright © 2016.Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang. Dilarang mengcopy sebagian atau keseluruhan isi buku ini untuk kepentingan komersial tanpa izin tertulis dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan.

Penyusunan modul ini bertujuan untuk memberikan referensi kepada para guru sekolah dasar, khususnya pada guru SD kelas awal agar dapat: menguasai kompetensi profesional terkait dengan bahasa Indonesia yang terdiri atas pemahaman, sikap, dan keterampilan terhadap: (1) Hakikat, Fungsi, Kedudukan, dan Ragam Bahasa Indonesia; (2) Pemerolehan Bahasa Anak; (3) Linguistik Bahasa Indonesia; (4) Semantik Bahasa Indonesia; (5) Keterampilan Menyimak; (6) Keterampilan Berbicara; (7) Keterampilan Membaca; dan (8) Keterampilan Menulis. Kompetensi tersebut merupakan standar minimal yang harus dikusai oleh guru sekolah dasar agar memiliki keterampilan berbahasa dan kebahasaan yang akan mendukung keberhasilannya dalam menjalankan tugas pokoknya dalam pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.

Tujuan umum modul ini disusun guna mendukung pelaksanaan diklat Guru PembelajarSekolah Dasar Awal untuk kompetensi profesional Bahasa Indonesia.
Tujuan khusus modul ini diharapkan setelah menempuh proses pembelajaran peserta mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya kompetensi profesional dalam bidang bahasa Indonesia.

Ruang lingkup materi Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Awalini merupakan modul untuk mendukung kompetensi profesional. Oleh karena itu, modul ini mengkaji bidang keterampilan dan pengetahuan tentang pembelajaran bahasa Indonesia untuk guru sekolah dasar.

Para guru silakan mendowload modul ini :

Posting Komentar untuk "Download Modul Guru Pembelajar SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi A"