Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Matematika Siswa Kelas VII SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku siswa ini merupakan bahan ajar mata pelajaran Matematika untuk pegangan siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama  berdasarkan Kurikulum 2013 dengan tujuan untuk membantu siswa dalam proses belajar Matematika. Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 ini ditulis dengan berdasarkan pada materi dan kompetensi yang disesuaikan dengan standar PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey). Oleh karenanya dalam buku kelas VII telah diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya, perbandingan, geometri dan penyajian data. Penyusunan materi pada buku ini tetap menjaga keseimbangan antara matematika angka dan matematika pola dan bangun.

Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, buku ini menekankan pada beberapa kompetensi. Kompetensi pengetahuan bukan hanya sampai memahami secara konseptual tetapi sampai ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan masalah matematika. Kompetensi keterampilan berfikir juga diasah untuk dapat memecahkan masalah yang membutuhkan pemikiran order tinggi seperti menalar pemecahan masalah melalui permodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan. 

 Baca Juga:

Buku Guru Matematika SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016

Isi materi dalam buku siswa ini berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran yang menuntut siswa secara aktif untuk terlibat dalam pembelajaran sehingga siswa akan mendapatkan pengalaman yang diharapkan. Pada setiap awal pembelajaran berisi konteks atau masalah terkait dengan kegiatan. Masalah yang disajikan ada yang diberikan beserta pemecahannya, ada yang dilengkapi dengan petunjuk pemecahan masalah, dan ada yang dibiarkan berupa masalah untuk dipecahkan siswa. Pada setiap Membelajarkan mengikuti pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mngkomunikasikan

Buku siswa ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Setelah mempelajari materi pada buku siswa ini, siswa diharapkan memahami materi yang disajikan. Oleh karena itu, konsep yang disajikan pada buku ini disampaikan secara logis, sistematis, dan menggunakan bahasa yang sederhana. Selain itu, buku ini juga memiliki tampilan yang menarik sehingga siswa tidak akan merasa bosan. Untuk memperoleh buku ini silahkan mendownload link yang diberikan.

Buku Siswa Mapel MATEMATIKA SEM 1 (COVER dan ISI)

Buku Siswa Mapel MATEMATIKA SEM 2 (COVER dan ISI)

Posting Komentar untuk "Buku Matematika Siswa Kelas VII SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2016"