Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemampuan Penting yang Harus Dimiliki Siswa Abad 21.

Kemampuan Penting yang Harus Dimiliki Siswa Abad 21-Tuntutan pembelajaran telah banyak berubah seiring dengan perkembangan zaman. Seiring berkembangnya teknologi yang modern, ternyata tuntutan kemampuan yang diperlukan siswa abad ke 21 ini juga jauh berbeda dibandingkan dengan kemampuan yang diharapkan pada siswa pada satu abad yang lalu. Berikut ini merupakan kemampuan yang dituntut pada siswa di abad 21.

1. Kemampuan Informasi dan Komunikasi

Sesuai dengan perkembangan teknologi, maka siswa haruslah memiliki literasi terhadap informasi dan media (ICT). Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, maka hal ini juga mendorong pada pentingnya kemampuan berkomunikasi yang lebih baik. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu siswa abad ke 21 dalam memperolehi ilmu pengetahuan dalam lingkup dunia yang lebih luas dan tak terbatas.



2. Kemampuan Berfikir dan Menyelesaikan Masalah


Siswa abad ke 21 juga perlu mempunyai kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat membantu siswa terutama berkaitan dengan penyelesaian masalah. Selain kemampuan berpikir kritis, kemampuan berfikir kreatif juga sangat diperlukan karena akan membawa siswa abad ke 21 ke arah perkembangan yang positif dan diharapkan mereka akan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Baca Juga : Penyelesaian Masalah Matematika

3. Kemampuan Interpersonal

Kemampuan lain yang dituntut dari siswa abad 21 kemampuan interpersonal dan kolaborasi. Siswa harus memiliki daya juang dan ketrampilan unggul, serta mampu untuk berkolaborasi dengan orang lain. Siswa mempunyai kualitas dan kuantitas diri yang baik, diharapkan dapat beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain. Cara ini merupakan wujud tanggungjawab sosial yang perlu dilaksanakan dan muncul karena keprihatinan kepada keadaan lingkungan dan orang lain.

Karena begitu pentingnya ketiga kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa seperti tersebut di atas, guru mata pelajaran (matematika) perlu menerapkan pembelajaran yang berciri pembelajaran abad 21.

Posting Komentar untuk "Kemampuan Penting yang Harus Dimiliki Siswa Abad 21. "