Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Peraga Matematika: Garis Bilangan

Alat Peraga Matematika: Garis Bilangan – Anak usia sekolah dasar masih berada dalam zona berpikir konkrit. Di sisi lain, materi bilangan merupakan salah satu materi matematika yang abstrak. Oleh karenanya, dalam pengenalan bilangan termasuk bilangan bulat harus menggunakan alat peraga. Salah satunya adalah menggunakan alat peraga garis bilangan.

Alat peraga garis bilangan berfungsi untuk menanamkan konsep penjumlahan, pengurangan perkalian dan pembagian serta berguna untuk membantu siswa memahami operasi hitung bilangaan bulat. Cara kerja alat peraga garis bilangan adalah sebagai berikut:

Menjelaskan operasi perkalian misal : 3 × 5


  • Kelompokkan lima satuan sebanyak tiga kali dengan menggunakan karet gelang (titik awal dari nol 0) sehingga terdapat tiga kelompok dimana masing-masing kelompok berisi lima satuan, ini berarti 5 + 5 + 5
  • Perhatikan bilangan pada garis bilangan yang ditunjukkan pada ujung terakhir, yaitu 15  


Menjelaskan operasi pembagian misal 12 : 3

  •  kelompokkan tiga satuan dengan menggunakan karet gelang, berawal dari 12 hingga 0. Ternyata terdapat empat kelompok
  • Banyaknya kelompok merupakan hasilnya yaitu 4 (empat) kelompok yang masing-masing berisi tiga satuan
 
Memperagakan operasi penjumlahan:

  • kelompokkan satuan-satuan bilangan yang dijumlahkan dengan menggunakan karet gelang, misalnya : 3 + 5 dimana pangkal bilangan kedua terletak pada ujung bilangan pertama demikian seterusnya.
  • Lihat bilangan pada garis bilangan yang ditunjukkan pada ujungnya
Memperagakan operasi pengurangan:

- Seperti dalam penjumlahan hanya arahnya berlawanan

Selain menggunakan alat peraga garis bilangan, pengenalan procept (konsep dan prosedur) operasi bilangan bulat dapat menggunakan alat peraga lain seperti koin bertanda (+) dan (-) atau manik-manik dengan dua warna yang berbeda.

 

Posting Komentar untuk "Alat Peraga Matematika: Garis Bilangan"