Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Titik, Garis, Ruas Garis, Sinar Garis, Sudut, Dan Kurva

Titik, Garis, Ruas Garis, Sinar Garis, Sudut, Dan Kurva - Titik, garis, sudut dan kurva sering dan akan selalu ditemukan dalam belajar matematika terutama dalam pembahasan terkait geometri. Untuk itu, pemahaman akan gagasan-gagasan atau konsep ini sangat penting jika seseorang ingin berhasil dalam belajar matematika. Selain untuk belajar matematika, konsep-konsep ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Titik

Titik sebagai ide dasar dalam geometri tidak didefinisikan. Ide tentang titik dapat dikaitkan dalam kehidupan keseharian kita misalnya sebagai ujung sebuah pensil yang rucing, ujung paku, ujung jarum, noktah yang menggambarkan kota Ende pada peta pulau Flores dan lain-lain. Contoh tersebut tidak memberikan gambaran pengertian yang tepat secara formal tentang titik dalam geometri. Suatu titik dalam geometri tidak mempunyai ukuran (panjang/lebar). Lihat Animasinya pada video berikut ini.



Jangan Lupa Untuk Subscribe Channel yang Berisi Video ini pada link Subscribe  Agar Anda bisa mendapatkan video Tutorial Matematika Terbaru

Titik menunjuk suatu posisi, tempat atau letak tertentu dari suatu obyek. Dengan kata lain suatu titik hanya ditentukan oleh letaknya tetapi tidak mempunyai ukuran atau besaran sehingga dikatakan suatu titik tidak berdimensi. Geometri berhubungan dengan himpunan tak hingga titik. Suatu titik biasanya digambarkan dengan menggunakan noktah (.). Suatu titik dapat diberi nama dengan menggunakan huruf besar (kapital).                      

Contoh titik A dan titik B dapat digambarkan sebagai berikut.

                                     . A                                                 . B

                             Titik A                                                     Titik B

2. Garis

Garis merupakan suatu himpunan titik, dengan kata lain suatu garis penuh dengan titik. Suatu garis dapat diperpanjang sekehendak kita pada kedua arahnya dan tidak mempunyai tebal atau tipis. Seperti halnya suatu titik kita dapat memberikan nama pada garis biasanya dengan menggunakan huruf kecil. Contoh suatu garis g dapat diperlihatkan pada gambar di bawah ini. 


 Garis g
Kita dapat menghitung jarak antara dua titik yaitu jarak  Adan B namun kita tidak dapat menghitung tebal atau tipisnya sebuah garis. 

3. Ruas Garis

Titik A dan titik B serta titik-titik diantara A dan B membentuk suatu ruas garis AB. Ruas garis AB dapat digambarkan sebagai berikut.
Ruas garis AB 

Ruas garis dapat diukur karena ada dua titik yang bisa digapai. Silahkan membaca artikel Pengukuran Panjang Ruas Garis di bagian lain blog ini. Ada perbedaan antara panjang dan Jarak. Panjang menunjukan hasil pengukuran sebuah objek misalnya panjang pencil, panjang tali, dan lain-lain. Sedangkan jarak melibatkan posisi dua buah titik.

4. Sinar Garis

Perhatikan gambar di bawah ini. Misalnya suatu titik A berada tepat di tengah-tengah garis g dengan titik A tidak termasuk dalam tengahan garis.

Gabungan antara titik A dengan semua titik pada salah satu bagiannya dinamakan sinar garis. Dari gambar di atas terdapat sinar garis AB dan sinar garis AC yang dapat digambarkan sebagai berikut.


Sinar garis AB 
 
 Sinar garis AC

5. Sudut

Sudut adalah gabungan dari dua buah sinar garis. Suatu sudut diberi nama dengan menggunakan satu huruf kapital atau tiga huruf kapital, misalnya sudut A atau sudut BAC. Suatu sudut dapat siku-siku, lurus, lancip dan tumpul yang dapat digambarkan sebagai berikut.Suatu sudut memiliki daerah Interior dan eksterior. Untuk mengukur sudut digunakan busur derajat.

BAC siku-siku 
 
BAC lancip 



BAC tumpul
 
 BAC lurus
Hubungan garis dan sudut memiliki sifat-sifat tertentu. Garis dan sudut serta sifat-sifatnya dapat dibaca lebih lanjut.

6. Kurva

Pembahasan Detil tentang Kurva yang terdiri dari kurva tertutup, tidak tertutup, kurva sederhana dan tidak sederhana dapat dibaca pada Kurva Tertutup, Kurva Tidak Tertutup, Kurva Sederhana, Kurva Tidak Sederhana 

Semoga Bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Tamu yang baik biasanya meninggalkan jejak. Jangan lupa memberikan komentar dan berlangganan postingan blog ini agar tulisan terbaru dapat langsung diberitahukan ke email anda sekalian.