Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Panduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi (Kelas4, 5 dan 6)

Download Panduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi (Kelas4, 5 dan 6) – Secara umum kita ketahui bahwa proses pembelajaran di Sekolah Dasar berdasarkan Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik terpadu. Namun demikian, Pada perkembangannya, untuk kelas tinggi (IV, V, dan VI) mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dipisahkan dari Buku Tematik Terpadu. Alasan pemisahan mata pelajaran matematika adalah bahwa muatan matematika yang teritegrasi dalam buku tematik sangat dangkal sehingga siswa tidak mendapatkan konsep matematika secara mendalam. 
Alasan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
  1. Matematika memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbedadengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metodeuntuk melakukan kajian terhadap objek matematika bersifat deduktif, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4 C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
  2. Kebermaknaan pembelajaran matematika di SD/MI salah satunya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran matematika dalam konteks dunia nyata siswa. Pembelajaran dengan mengambil konteks kehidupan nyata tersebut dapat dicapai melalui pembelajaran tematik terpadu.
  3. Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi belajar siswa, ketika motivasi sudah dimiliki pembelajaran tidak harus selalu dikaitkan dengan dunia nyata/tema, karena pembelajaran matematika dengan tema memiliki keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten matematika secara utuh. Oleh karena itu, ketika konteks sudah diperoleh, pembelajaran Matematika dapat dilakukan dengan pemahaman konsep matematika secara utuh.
Alasan mata pelajaran PJOK dipisahkan dari buku tematik terpadu adalah bahwa PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain.
  1. PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui mengobservasi dan mencontoh, kemudian melatihkannya secara berulang, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
  2. Kebermaknaan pembelajaran PJOK di SD/MI salah satunya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran PJOK dalam konteks dunia nyata siswa, hal ini salah satunya dapat dilakukan melalui pembelajaran tematik.
  3. Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Namun ketika dikaitkan dengan tema, terdapat beberapa materi Panduan Pembelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pembelajaran PJOK yang memiliki keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten PJOK secara utuh. Oleh karena itu, tidak semua materi yang berkaitan dengan KD dapat diakomodir secara cukup oleh buku tematik.
  4. Pembelajaran PJOK banyak dilakukan dengan gerakan anggota tubuh yang harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama.
  5. Banyak gerakan-gerakan dalam pembelajaran PJOK yang tidak dipahami sepenuhnya oleh guru kelas, sehingga dapat mengakibatkan cedera bagi siswa.
  6. Pada umumnya pembelajaran PJOK mengakibatkan siswa berkeringat, sehingga mengganggu proses pembelajaran lain bila terintegrasi.
  7. Untuk memberdayakan keberadaan guru mata pelajaran PJOK yang tersedia hampir di semua SD.
Dengan dipisahkannya kedua mata pelajaran ini dari buku tematik terpadu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan buku teks pelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika dan PJOK . Selain itu,Kemendikbud juga menetapkan atau membuat panduan pelaksanaan pembelajaran matematika dan PJOK untuk SD/MI di kelas IV, V dan VI. Panduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi (Kelas4, 5 dan 6) dapat didownload di Sini.

DownloadPanduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi

Posting Komentar untuk "Download Panduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi (Kelas4, 5 dan 6)"