Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Konsep dan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar

Pengenalan Konsep dan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar - Secara keilmuan matematika penjumlahan bilangan cacah bersesuaian dengan perhitungan banyak anggota penggabungan 2 (dua) himpunan benda menjadi sebuahhimpunan benda. Peragaan dengan gambar adalah sebagai berikut. 
 









Jadi secara visual (tampak mata) penjumlahan 5 + 2 = 7 bersesuaian dengan penggabungan 2 (dua) kelompok/kumpulan obyek (benda) dengan masing-masing kelompok/kumpulan benda berisi 5 anggota dan 2 anggota. Maka hasil gabungannya sama dengan 7.


Siswa diharapkan dapat menyimpulkan bahwa.

a. Penjumlahan merupakan/bersesuaian dengan penggabungan dari dua kumpulan benda menjadi satu kumpulan benda
b. Penjumlahan menjadikan kumpulan baru memiliki banyak anggota yang melebihi banyak anggota masing-masing dari kedua kumpulan benda yang digabungkan.

Jika bilangan dipandang sebagai besaran panjang, maka operasi tambah bersesuaian dengan kata kunci disambung,. Peragaannya seperti pada gambar berikut. 
Baca Juga: Pengenalan Procept Operasi Pengurangan Pecahan di Sekolah Dasar

Dengan melihat peragaan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa disambung hasilnya menjadi panjang . Sehingga dari bentuk 4 + 2 = 6 secara umum dapat diubah menjadi pendek dan sambung pendek hasilnya sama dengan panjang. Petak kosong yang digambarkan dalam bentuk bayang-bayang hanya untuk mempermudah pemahaman saja, sedangkan arti sebenarnya adalah tidak ada.

Contoh

Hitunglah suku yang belum diketahui pada kalimat matematika 48 + ... = 112.

Jawab

a. Dengan Penalaran Gambar

Berdasarkan penalaran gambar pada gambar  di atas, maka berarti

  … = 112 – 48 =64.

Dengan demikian, secara umum dapat dituliskan hubungan antara penjumlahan dan pengurangan sebagai berikut.

a + b = c dengan a, b, dan c bilangan cacah, maka b = c – a dan a = c – b. 
Peragaan 9+4 =13 menggunakan lidi atau sedotan adalah sebagai berikut.
Peragaan menggunakan alat peraga kantong plastik transparan dapat ditunjukkan sebagai berikut.

Dengan cara pengenalan konsep dan prosedur operasi penjumlahan seperti langkah langkah di atas maka diharapkan terbentuk pemahaman konseptual dan prosedural pada siswa di Sekolah Dasar. 

Literatur

Marsudi Raharjo, Endang Listyani & Sri Wulandari Danoebroto. 2016. Modul Guru Pembelajar: Modul Pelatihan SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C. Profesional Kajian bilangan cacah dan statistika Di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.



Posting Komentar untuk "Pengenalan Konsep dan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar"