Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Pembelajaran Pembagian Kelas II Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik

Langkah-Langkah Pembelajaran Pembagian Kelas II Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik – Pembagian termasuk konsep yang susah dipahami anak-anak. Konsep pembagian mulai dikenalkan ke siswa kelas dua sekolah dasar di semester 2. Pada semester ini, siswa diharapkan memiliki kompetensi dasar meakukan pembagian dua angka. Indikator yang dapat dilihat jika siswa memiliki kompetensi ini adalah siswa dapat (1) Menuliskan pembagian sebagai pengurangan berulang sampai habis, (2) Menyatakan pembagian sebagai lawan perkalian, (3) Membagi satu bilangan dengan bilangan 1 dan (4) Membagi satu bilangan dengan bilangan itu sendiri.


Pendekatan matematika realistik mensyaratkan siswa menyelesaikan sendiri Masalah Kontekstual yang diberikan guru di awal pembelajaran. Guru dapat menggunakan konteks yang disukai atau dikenal oleh anak-anak, misalnya anak-anak akrab dengan saling membagi (share) sesuatu seperti permen. Aktivitas membagi permen dapat menjadi pertimbangan untuk dijadikan masalah kontekstual dalam Lembar Kerja Siswa baik secara Individu maupun kelompok. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Kegiatan Awal

Apersepsi:

Guru menanyakan materi prasyarat yaitu perkalian sebagai berikut:
Anak-anak, pada pelajaran sebelumnya, kita telah mempelajari perkalian. 4x2 artinya ? Ayo siapa yang masih ingat ?

Motivasi:

Guru menjelaskan kepada siswa bahwa belajar pembagian sangat penting. Dengan belajar pembagian, siswa dapat menyelesaikan permasalahan seperti yang diceritakan guru sebagai berikut:
Guru menceritakan sebuah cerita yang berisi masalah kontekstualyang sesuai dengan materi yang hendak dipelajari siwa yaitu pembagian.
Masalah Kontekstual : Membantu Pak Joni
Pak Joni mempunyai 8 buah permen. Pak Joni Ingin permen tersebut dimasukkan ke dalam 4 buah gelas plastik. Isi setiap gelas plastik harus sama. Berapakah isi permen dalam setiap gelas plastik ?

b. Kegiatan Inti

1) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dengan kemampuan yang berbeda-beda berdasarkan hasil tes awal.
2) Guru membagikan Lembar Kerja Kelompok, permen, kantong plastik dan gelas plastik pada masing-masing kelompok
3) Guru mengkondisikan setiap kelompok untuk melakukan kegiatan sesuai dengan masalah kontekstual pada Lembar Kerja Kelompok
4) Siswa diberi kesempatan untuk menyelesaikan Lembar Kerja Kelompok beberapa menit.
5) Guru berkeliling untuk memastikan siswa menyelesaikan Lembar Kerja Kelompok sambil membantu siswa seperlunya.
6) Guru memanggil setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok sambil mempraktikan apa yang diperitahkan dalam LKS. Pada langkah ini, guru menanyakan semua hal berkaitan dengan apa jawaban siswa dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan.
7) Guru Membagikan Lembar Kerja Individu untuk dikerjakan siswa
8) Setelah siswa menyelesaikan Lembar kerja Individu, guru meminta salah satu siswa untuk presentasi di papan tulis. Pada proses ini guru menanyakan gagasan lain dari siswa lain serta menanyakan alasan penyelesaian Lembar kerja individu.
9) Guru Memberikan Evaluasi

c) Penutup

1) Guru mengajak siswa membuat kesimpulan
2) Guru memberikan Tugas Untuk dikerjakan di rumah




Lembar Kegiatan Kelompok

Kelompok :
Nama siswa :

Membantu Pak Joni

Pak Joni mempunyai 8 buah permen. Pak Joni Ingin permen tersebut dimasukkan ke dalam 4 buah gelas plastik. Isi setiap gelas plastik harus sama. Bantulah Pak Joni untuk memasukan permen tersebut ke dalam gelas plastik yang telah disediakan dengan langkah-langkah di bawah ini.
Langkah 1: Siapkan 8 permen dan 4 gelas plastik yang telah dibagikan oleh bu guru. Gambarkan Permen dan Gelas pada Tempat yang disediakan di bawah ini.
Gambar:
Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen

Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen
Langkah 2: 8 permen dimasukkan dalam 4 gelas plastik. Setiap gelas dimasukkan 1 permen.
Gambar:

Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen
Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen

Langkah 3:

Sisa Permen yang belum dimasukkan ke dalam gelas plastik tinggal 8– .... = .....
...... permen yang tersisa dimasukkan lagi ke dalam 4 gelas plastik. Setiap gelas dimasukkan 1 permen.
Gambar:


Permen yang belum dimasukan dalam gelas sebanyak ....... permen. Jumlah Permen pada gelas masing-masing .....permen

Berapa kali kalian melakukan pengurangan ? Karena Kalian melakukan ..... kali pengurangan, maka 8 – ... – ... = 0. Jadi setiap gelas plastik berisi .... permen.

Kesimpulan: Tulislah kesimpulan kalian di bawah ini !!



Pengurangan berulang 8 – .... – .... = 0 sama artinya dengan 8 : .... = ..... Penulisan 8 : .... = ... dibaca 8 dibagi ....sama dengan ..... 8 disebut bilangan yang dibagi. ...... disebut bilangan pembagi. ..... disebut hasil bagi.



Lembar Kegiatan Individu

NAMA SISWA :



Membantu Pak Joni.

Pak Joni memiliki 4 Gelas yang masing-masing berisi 2 permen. Permen tersebut akan disatukan untuk dibawa pulang untuk Anaknya Nadine. Bantulah Pak Joni untuk menyatukan permen tersebut dalam satu kantong plastik . Ikuti Langkah di bawah ini.

Pak Joni memiliki 4 Gelas yang masing-masing berisi 2 permen. Jika disatukan menjadi ....+.....+.....+....=.... permen. Dapat ditulis dalam bentuk perkalian 4x 2. = .......

Ingat kegiatan sebelumnya, Mulanya pak Joni Ada 8 permen dalam 1 kantong. Kemudian dibagi sama banyak ke dalam 4 gelas. Sehingga masing-masing gelas berisi 8 permen. Dapat ditulis dalam bentuk pembagian 8 : 2 = 4.



Jadi, apa hubungan perkalian dengan pembagian ? Berikan Kesimpulan di bawah ini

Kesimpulan:



Pak Joni Memiliki 8 Permen yang akan diberikan hanya kepada satu orang anaknya Nadin. Nadin menerima .... permen . Ditulis

8 : 1 = ...... Dibaca delapan dibagi satu sama dengan ....................



Kesimpulan:



Jika ternyata di rumah pak Joni ada Nadin dan 7 Orang Temannya. Maka Pak joni harus membagi 8 permen yang dibawa kepada .... orang. Masing-masing orang mendapat ....permen. Ditulis 8 : .... = ... Dibaca tujuh dibagi tujuh sama dengan satu.

Kesimpulan:

Evaluasi

Nama siswa :

1. Panitia perlombaan menyediakan 36 kelereng kemudian dibagikan kepada 6 kelompok sama banyak berapa banyak kelereng yang diterima setiap kelompok ?
Jawab:
2. 25 : 5 artinya 25-.....-......-.....- ......-....=0.(.... kali pengurangan )
Jadi 25:5 = .....

Jawab:

3. Aku sebuah bilangan. Jika aku dikali 3 didapat 18. Bila aku dibagi 3 didapat 2. Bilangan berapakah aku?

Jawab:

4. Selesaikan Soal di Bawah ini !!
12:3=4 maka 3x4 = ....
36:4 = 9 maka 4x9= ...
48:6 = .... maka ...x 6 = 48

Jawab:

5. Lengkapilah Tabel Pembagian Berikut !
:
1
2
3
4
6
12
12

6




Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Pembelajaran Pembagian Kelas II Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik"