Menggunakan Animasi dalam Mengajar Matematika di Sekolah Dasar

Banyak tantangan yang dihadapi guru matematika salah satunya adalah bagaimana membuat siswa agar senang belajar Matematika.  Agar siswa tertarik belajar matematika, guru perlu mengubah pola pikir anak bahwa matematika itu menarik, menyenangkan dan menantang. 

Pada dasarnya, siswa usia SD suka bermain game baik game online maupun yang of line, apalagi kemajuan teknologi internet saat ini mendukung kebiasaan anak tersebut. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan jika kita dapat mengarahkan anak pada game game edukatif yang banyak tersedia.

Di internet sudah tersedia banyak media yang dapat kita manfaatkan. Game, animasi dapat kita cari dengan mudah. Beberapa sudah ada yang dapat di download terlebih dahulu (game ofline), dan lainnya memaksa kita harus terhubung dengan internet (online). Salah satu alamat web yang berisi game/permainan, animasi yang berkaitan dengan Matematika dan Ilmu pengetahuan yaitu situs science-animation.com.
Web ini menyediakan beberapa animasi untuk anak-anak kita. Animasi tersebut dapat digunakan  guru ketika mengajar di kelas atau bagi orangtua ketika mendampingi anak dirumah. Selain itu di web tersebut anak dapat belajar Fisika melalui animasi.  Animasi-animasi tersebut sangat interkatif dan menarik untuk dicoba. Beberapa animasi diantaranya berkaitan dengan:Bilangan, Belajar Penjumlahan, Menentukan Luas dan Volume,Berbagai bentuk Poligon, Pecahan, Penjumlahan, Perbandingan,Teorema Pytagoras, Koordinat di Bidang,Koordinat di Ruang, Aljabar dan lain lain.
Selain situs di atas guru dapat menggunakan Java Applet atau Applet merupakan bahasa pemograman  berbasis web yang sangat cocok dengan matematika misalnya situs.   

 Games for mathematics education

    loading...

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Menggunakan Animasi dalam Mengajar Matematika di Sekolah Dasar"

    Post a Comment

    loading...

    Iklan Atas Artikel

    loading...

    Iklan Tengah Artikel 1

    loading...

    Iklan Tengah Artikel 2

    loading...

    Iklan Bawah Artikel