Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurva Tertutup, Kurva Tidak Tertutup, Kurva Sederhana, Kurva Tidak Sederhana.

Kurva Tertutup, Kurva Tidak Tertutup, Kurva Sederhana, Kurva Tidak Sederhana - Dalam kehidupan sehari-hari, anda pasti akan dan mungkin sudah selalu mendengar kata " kurva". Sadar atau tidak, kurva selalu muncul dalam keseharian terlebih yang berhubungan dengan pola-pola yang melibatkan bilangan atau angka angka hasil perhitungan. 

Ada juga, kurva menggambarkan jalur sesuatu seperti jalan raya, sungai dan lain-lain. Kita banyak mengenal misalnya kurva kemajuan belajar, kurva penawaran dan permintaan dalam ilmu ekonomi dan lain-lain yang terlukis dlam bentuk kurva. Intinya segala sesuatu yang berhubungan dengan data dalam kehidupan sehari-hari selalu berhubungan dengan kurva.

Jangan lupa tonton videonya di bawah ini: Video dibawah ini menjelaskan tentang kurva secara detil. jika tidak ingin menonton video ini, silahkan membaca lanjutan artikel ini.



Pengertian Kurva.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kurva/kur·va/ n diartikan sebagai: (1) garis lengkung; (2) grafik yang menggambarkan variabel (misalnya yang memperlihatkan perkembangan) yang dipengaruhi oleh keadaan; dan (3) garis yang terdiri atas persambungan titik-titik;
Dalam aljabar kurva layaknya sebuah pernyataan grafis dari suatu persamaan aljabar.  Garis, ruas garis, sinar garis termasuk contoh suatu kurva. Kurva merupakan himpunan titik-titik pada bidang datar.

Suatu kurva dikatakan tertutup jika titik ujung dan titik pangkalnya bertemu. Sebaliknya jika ujung dan pangkalnya tidak bertemu dinamakan kurva tidak tertutup. Jika kurva memotong dirinya sendiri serta ujung dan pangkalnya bertemu maka dikatakan kurva tertutup tidak sederhana. Jika memotong dirinya sendiri dan ujung-ujungnya tidak bertemu dinamakan kurva tidak tertutup tidak sederhana.


 

Jika tidak memotong dirinya sendiri serta ujungnya bertemu disebut kurva tertutup sederhana dan jika ujungnya tidak bertemu dan tidak memotong dirinya sendiri disebut kurva tidak tertutup sederhana.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering berpergian dan rute perjalanan kita dapat dilukis dalam betuk sebuah kurva. Rute Bis kota misalnya, kita naik bis kota, mengelilingi kota dan kembali ke tempat asal kita merupakan contoh kurva tertutup sederhana.

Bila kita ke kota, selain keliling kota kita berputar2 dalam kota dan memotong jalan yang pernah kita lewati sebelumnya selanjutnya pulang ke tempat asal kita adalah contoh kurva tertutup tidak sederhana.



1 komentar untuk "Kurva Tertutup, Kurva Tidak Tertutup, Kurva Sederhana, Kurva Tidak Sederhana."

Pembaca boleh bebas berkomentar selama isi komentar berhubungan dengan isi postingan, menggunakan kalimat yang santun dan berguna bagi pengembangan blog ini.