Download Modul Guru Pembelajar SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C


Download Modul Guru Pembelajar SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C

Pedagogik: pengembangan dan pelaksanaan kurikulum di sekolah dasar
Profesional: kajian bilangan cacah dan statistika
 
Penulis:
1. Drs. Marsudi Raharjo, Msc.Ed., 081392173195, marsudiraharjo@yahoo.com
2. Dra. Endang Listyani, M.S., 08164221082, listy_matuny@yahoo.co.id
3. Sri Wulandari Danoebroto, S.Si., M.Pd., 081328463840,
wulan_aarf@yahoo.com
Penelaah:
1. Rahayu Condro Murti, M.Si., 08151631758, rahayu_cm@yahoo.com
2. Agus Suhardjana, 08121553534, mas_agus_shj@yahoo.com
3. Dra. Mathilda Susanti, M.Si., 08157905995, mathilda.uny@gmail.com
4. Eka Budi Lestari, S.Pd., 081208170989, ekablestari@yahoo.com
5. Ratna Puspita, S.Pd., 081310669835, ratna31.puspita@gmail.com
Ilustrator:
Febriarto Cahyo Nugroho

Copyright © 2016. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang. Dilarang mengcopy sebagian atau keseluruhan isi buku ini untuk kepentingan komersial tanpa izin tertulis dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan.

Topik Bilangan dan Statistika merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan dalam pelajaran matematika SD di kelas awal. Kompetensi siswa terkait bilangan di kelas awal merupakan kompetensi yang sangat penting untuk dikuasai, karena keberhasilan siswa dalam mempelajari matematika pada jenjang berikutnya sangat ditentukan oleh pemahaman konsep dasar yang benar dan keterampilan berhitung dasar yang memadai.

Topik Bilangan yang dibahas dalam modul ini mencakup bilangan cacah dan pecahan. Dalam kehidupan sehari-hari, siswa kita sering menjumpai situasi yang melibatkan pecahan. Untuk menanamkan konsep pecahan kepada siswa, guru memulai dengan menggunakan benda-benda konkrit, atau gambar-gambar, atau benda-benda lain yang relevan. Pemilihan benda konkrit yang digunakan tentu harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai tujuan semula untuk memudahkan penanaman konsep justru menyulitkan bagi peserta didik, bahkan mungkin guru itu sendiri.

Pengetahuan tentang statistika dasar juga perlu diberikan kepada siswa kelas awal karena statistika merupakan matematika aplikatif yang diperlukan agar siswa memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi. Dalam pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari, metode statistik sebagai alat analisis untuk tujuan pengambilan keputusan dan peramalan. Pemahaman tentang definisi statistika tidak harus diberikan kepada siswa, tetapi hal tersebut penting diketahui oleh guru.
Untuk itu, guru juga perlu meningkatkan kompetensi profesionalismenya terkait dengan disiplin ilmu matematika. Penguasaan fakta, konsep, prinsip dan keterampilan matematika para guru harus terus dimantapkan, ditingkatkan dan dikembangkan. Pemantapan tersebut tidak hanya terkait pengetahuan konseptual dan prosedural matematika sesuai topik matematika di SD tetapi juga pemantapan kemampuan guru dalam menggunakan matematisasi horisontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dunia nyata atau kehidupan sehari-hari sebagaimana tertuang dalam Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru pada Kompetensi Profesional Matematika.

Setelah mempelajari modul ini, para guru pembaca modul diharapkan memiliki kompetensi yang meningkat dibanding sebelumnya, khususnya terkait hal-hal sebagai berikut.
  1. Kemampuan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan cacah.
  2. Kemampuan membandingkan pecahan menggunakan simbol angka atau representasi gambar.
  3. Kemampuan menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata menggunakan konsep dan prosedur operasi bilangan cacah atau pecahan.
  4. Kemampuan menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata menggunakan gambar atau representasi lain secara tepat yang terkait bilangan cacah atau pecahan.
  5. Kemampuan membaca, mendeskripsikan, menginterpretasikan dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang yang sesuai 6. Kemampuan menghitung dan menentukan rata-rata, median dan modus.

Ruang Lingkup

Topik I: Bilangan Cacah dan Operasinya. Kegiatan Pembelajaran 1 tentang operasi tambah, kurang yang diterapkan pada bilangan cacah hingga 500. Kegiatan Pembelajaran 2 tentang operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah Kegiatan Pembelajaran 3 tentang operasi hitung campuran pada bilangan cacah dan pengenalan pola bilangan sederhana

Topik II: Pecahan. Kegiatan Pembelajaran 1 tentang lambang pecahan biasa dan pecahan campuran serta representasinya dalam bentuk gambar. Kegiatan Pembelajaran 2 tentang membandingkan dua pecahan (lebih dari, sama dengan, kurang dari) berikut representasinya dalam bentuk gambar. Kegiatan Pembelajaran 3 tentang menggunakan gambar atau representasi lain secara tepat untuk menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam dunia nyata yang melibatkan operasi hitung (tambah, kurang, kali, bagi) atau relasi (lebih besar, lebih kecil sama dengan) pada pecahan.

Topik III: Statistika. Kegiatan Pembelajaran 1 tentang membaca, mendeskripsikan dan menginterpretasikan data dalam tabel dan diagram batang Kegiatan Pembelajaran 2 tentang menentukan Rata-rata, Median dan Modus.

Modul  Modul Guru Pembelajar SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C dapat diunduh di: Modul GuruPembelajar SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download Modul Guru Pembelajar SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel