Sekilas Tentang Aljabar


Sekilas Tentang Aljabar-Istilah "aljabar" selalu muncul pada mata pelajaran matematika dari jenjang SMP ke Perguruan Tinggi. Beberapa nama aljabar muncul sesuai dengan tingkatnya seperti  " Aljabar Rendah" dan "Aljabar Sekolah." Ada juga nama yang mengacu pada isinya, seperti " Aljabar Linear," " Aljabar Matriks", " Aljabar Polinomial," dan lain-lain

Kata "aljabar" berasal dari kata Arab “al-jabr” yang berarti "kembali berkumpul ke bagian keseluruhan "Seperti yang digunakan saat ini,  Aljabar mengacu pada sebuah bahasa matematika yang digunakan untuk menggeneralisir  atau "menyatukan" pernyataan tentang  sistem matematika. 


Dalam kurikulum,  bukan masalah sederhana untuk mengatakan “di mana aritmatika harus berhenti" dan “dimana aljabar seharusnya dimulai”. Ada cukup banyak bentuk aljabar yang ditemukan pada aritmatika di SD dan cukup banyak aritmatika yang dipelajari  pada awal pelajaran tentang aljabar.





Secara khusus  3 + 4 = 7 adalah pernyataan aritmatika. Namun, pernyataan: untuk semua bilangan bulat a dan b, a+b=b+a adalah pernyataan aljabar. Secara khusus, dalam aritmatika kita berurusan dengan bilangan spesifik dan  menulis simbol bagi mereka, melakukan operasi pada mereka, dan mempertimbangkan hubungan antara mereka. Dalam aljabar, kita tambahkan gagasan penting variabel dari sabuah himpunan.
 


Aljabar menggunakan huruf-huruf kecil (seperti x atau y) atau lambang lambang yang lain pada tempat yang menggantikan sembarang nilai.  Dalam aljabar, terdapat beberapa aturan yang memungkinkan kita menyelesaikan sebuah persamaan.

Sebagai contoh, misalkan diberikan sebuah persamaan : x + 3 = 7.  Huruf "x" merupakan sesuatu yang tidak diketahui (biasanya disebut "variabel"). Dalam contoh ini, nilai atau pengganti  "x" dapat ditentukan dengan menjumlahkan kedua sisi persamaan dengan -3 sebagai berikut:

Mulai dengan : x + 3 = 7
Tambahkan -3 pada kedua sisinya: x + 3 + (− 3) = 7+(− 3)
Hitung : x + 0 = 4
Jawaban : x = 4

Contoh lain misalnya diberikan sebuah kalimat terbuka x+2y=6. Nilai-nilai x dan y yang memenuhi x+2y=6 adalah {(-2,4), (-1,7/2), (0,3), (1,5/2), (2,2), 3,3/2), (4,1)}.
 
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sekilas Tentang Aljabar"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel