Tentang Profil Google Scholar Untuk Dosen dan Peneliti

Tentang Profil Google Scholar Untuk Dosen dan Peneliti - Tidak dapat dipungkiri, Google merupakan salah satu mesin pencari (search engine) terbesar yang selalu digunakan oleh para pengguna intenet di dunia. Mesin pencari lainnya yang terkenal adalah Bing, yahoo. Tentu saja masih banyak mesin pencari selain yang saya sebutkan tersebut, namun tidak sepopuler ketiga mesin pencari ini. Saat ini, apapun informasi yang kita butuhkan, tinggal mengetikan kata kunci di mesin pencari seperti google, dan google akan mencarinya untuk kita.

Untuk kepentingan dunia akademis, google juga menyiapkan apa yang namanya google scholar yang mengindeks semua dokumen berupa buku, makalah, dan dokumen dokumen lainnya dari suatu respository asalkan ditulis dengan aturan dan format tertentu. Google scholar semacam sesuatu yang khusus disediakan google untuk mempermudah mencari literatur akademis. Artikel publikasi yang terindeks google scholar tersebut berasal dari seluruh Repository karya ilmiah perguruan tinggi seluruh dunia yang terindeks oleh google terutama google scholar. Google scholar saat ini dapat mengindeks artikel yang memiliki format paper secara otomatis. Jika materi yang tidak memiliki format tersebut dan tidak diuload pada laman tertentu tidak akan terindeks oleh Google Scholar.

Baca juga:

 Persyaratan Menjadi Peserta Sertifikasi Dosen 
 Tips Menulis Deskripsi Diri untuk Sertifikasi Dosen

Orang yang memiliki karya ilmiah terindeks google scholar terutama para dosen atau peneliti seharusnya memiliki profil google scholar. Para dosen yang akan mengikuti sertifikasi dosen juga dituntut harus memiliki karya ilmiah yang dapat ditelusuri secara online. Namun, yang saya telusuri, banyak peneliti yang memiliki karya ilmiah dan terindeks google scholar justru tidak memiliki profil google scholar. Profil Google Scholar merupakan identitas diri dosen atau peneliti yang disertai daftar artikel atau publikasi ilmiah yang pernah dilakukan. Seluruh artikel publikasi seseorang akan muncul di Profil Google Scholar jika artikel tersebut ditulis dengan aturan tertentu dan dipublikasikan secara online. Saya memberikan contoh Profil Google Scholar saya seperti pada gambar berikut walaupun tidak pernah dikutip.






Profile di Google Scholar berisi daftar semua tulisan seorang penulis (buku, makalah, artikel, dsb) yang dikutip disitasi oleh penulis lain. Tulisan karya penulis tersebut diacu sebagai referensi yang disebutkan di dalam daftar pustaka. Daftar semua kutipan tersebut berasal dari search.scholar yg secara otomatis ditelusuri oleh Google apabila artikel terkait bisa ditemukan oleh Google.


Untuk membuat profil google scholar cukup mudah. Tentu saja, untuk membuat profil google scholar, seseorang harus memiliki akun gmail. Sekarang ini Google memberlakukan satu akun gmail untuk seluruh layanan google. Cara membuat akun Google Scholar adalah sebagai berikut:

1. Lakukan login dengan akun gmail

2. Buka alamat http://scholar.google.com atau jika ingin dalam bahasa Indonesia tinggal mengetikkan http://scholar.google.co.id/ pada browser.

3. Klik link My Citation (Kutipan Saya) di kanan atas. Jika diinginkan, edit data seperti foto, affiliation (lembaga aviliasi) kemudian klik Make Public agar bisa dilihat oleh orang lain.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya Profil Google Scholar dan cara membuat Profil Google Scholar bagi seorang dosen atau peneliti.

Semoga Bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Profil Google Scholar Untuk Dosen dan Peneliti"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...