Beberapa Tips Sederhana Agar Siswa Memahami Prosedur Matematika.

Beberapa Tips Sederhana Agar Siswa Memahami Prosedur Matematika. Matematika SD adalah merupakan mata pelajaran yang untuk memahaminya dibutuhkan perjuangan, keuletan dan kesabaran. Oleh karenanya seringkali masing-masing siswa membutuhkan perhatian ekstra dan berbeda dari guru. Sering dijumpai kesenjangan kemampuan yang lebar antara siswa yang mempunyai pencapaian matematika yang baik dan siswa yang lamban dalam memahami materi matematika.

Mengapa banyak siswa yang lamban dalam memahami fakta, konsep, prosedur dan prinsip matematika ? Jawabannya terletak pada bagaimana guru menerapkan teori belajar dan pemahaman guru tentang fakta bagaimana anak belajar suatu konsep matematika tertentu. Berdasarkan fakta bahwa siswa usia sekolah dasar masih berpikir sangat sederhana dan konkrit. Fakta ini bertolak belakang dengan sifat matematika yang abstrak. Oleh karenanya, suka atau tidak suka guru wajib menggunakan ketiga cara berikut dalam membelajarkan matematika di sekolah dasar.

Penggunaan Media Visual dan Grafis


Buku teks matematika yang baru sering menyertakan berbagai visual dan grafis bagi siswa untuk belajar. Media Visual dan Grafis merupakan elemen penting untuk melengkapi teks dan membantu agar konsep tertentu dalam buku tersebut dapat dengan mudah dipahami siswa. Namun, kadang-kadang banyak guru yang tidak memiliki kemampuan komputer yang memadai. Pada pembelajaran geometri misalnya, banyak guru yang tidak dapat atau sama sekali tidak memahami tentang software Geogebra. Hal ini sangat disayangkan, mengingat, ciri pembelajaran abad 21 adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. 




Baca Juga : Mengajar Geometri dan Aljabar Menggunakan Geogebra
 

Dalam penggunaan media visual dan grafis, guru diharapkan menerapkan pembelajaran matematika berbasis komputer sebagai pendekatan pembelajaran yang lebih personal. Dengan program matematika virtual, anak-anak tidak bisa hanya melihat grafik yang berhubungan dengan konsep tertentu, tetapi mereka dapat belajar konsep yang sangat sulit. Siswa dapat belajar dengan kecepatan atau kemampuan masing masing dalam memahami materi dan tidak akan merasa begitu cepat untuk pindah ke konsep yang belum siap mereka terima.

Mengungkapkan Apa yang Dipikirkan Siswa Secara Verbal


Ketika siswa telah memiliki (memahami) fakta, konsep, prosedur atau prinsip matematika, guru perlu menanyakan langkah-langkah atau proses siswa memahami berbagai obyek matematika tersebut. Khusus untuk pemahaman terkait prosedur, guru perlu menagihkan penjelasan siswa terkait bagaimana mereka sampai ke jawaban yang mereka lakukan. Hal ini akan sangat membantu siswa lain untuk belajar prosedur prosedur matematika.

Para guru tentu saja mengalami, banyak siswa yang ragu-ragu untuk mengangkat tangan mereka di kelas untuk bertanya karena takut terdengar bodoh. Jika mereka diminta untuk menjelaskan bagaimana prosedur mereka sampai pada kesimpulan atau jawaban suatu permasalahan matematika, mereka sudah dapat membantu teman sekelas mereka memahami proses menuju jawaban yang benar. Tindakan siswa menjelaskan proses yang mereka dapatkan untuk sampai pada penyelesaian tertentu juga dapat membantu siswa sendiri untuk belajar bagaimana menyelesaikan masalah tertentu. Proses ini membantu siswa untuk mengenali strategi yang mereka gunakan dan berpotensi menerapkannya ke topik atau prosedur lain dari pembelajaran matematika.

Memberikan Umpan Balik yang Spesifik.

Banyak manfaat yang diperoleh siswa ketika guru melakukan umpan balik guru yang spesifik tentang hal hal yang telah siswa lakukan dengan benar dan bagaimana mereka dapat melakukan dengan lebih benar dan cepat pada kesempatan lain. Guru juga harus bersama siswa dan memberikan siswa kesempatan untuk memperbaiki jawaban dan melihat apa kesalahan yang siswa buat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Tips Sederhana Agar Siswa Memahami Prosedur Matematika."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel