Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metodologi Penelitian Pendidikan, Apa yang dipelajari ?

Metodologi Penelitian Pendidikan, Apa yang dipelajari ? - Metodologi penelitian pendidikan biasanya membahas tentang hakikat penelitian pendidikan, model-model pendekatan penelitian pendidikan (kualitatif dan kuantitatif ) , prosedur atau langkah-langkah penelitian, metode-metode penelitian pendidikan (penelitian historis, penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen), populasi dan sampel penelitian, landasan teori dan rumusan hipotesis penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, teknik pengolahan dan analisis data, dan pelaporan hasil penelitian.

Setelah belajar Metodologi Penelitian Pendidikan diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan di dalam merencanakan, melaksanakan dan membuat/menulis laporan hasil penelitian. Secara spesifik, biasanya dalam Metodologi Penelitian Pendidikan membahas berbagai materi, misalnya seperti konsep-konsep penemuan ilmiah, ilmu dan aplikasinya dalam penelitian ilmiah dalam paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif, model-model penelitian (mencakup:penelitian Kuantitatif, penelitian kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain itu, pada mata kuliah tersebut juga dibahas tentang Masalah dan Variabel penelitian (mencakup: sumber masalah,  teknik perumusan maslah , jenis variabel,definisi variabel,), landasan teori , kerangka berfikir dan hipotesis penelitian.

Materi lainnya yang dibahas pada metodologi penelitian adalah terkait sampling (mencakup: populasi dan sampel penelitaian, berbagai teknik sampling),teknik pengolahan dan analisis data, rumusan hipotesis statistik,  metode penelitian historis, metode penelitian deskriftif, metode penelitian eksperimen, teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian, deskripsi hasil penelitian, uji persayaratan analisis, uji hipotesis penelitian, penafsiran dan pembahasan hasil penelitian, cara merumuskan kesimpulan, cara mengungkapkan saran dan implikasi. 
Pada akhir-akhir perkuliahan biasanya dibahas format dan sistematika untuk berbagai jenis penelitian. Untuk mahasiswa biasanya juga diperkenalkan sistematika proposal dan hasil penelitian dalam bentuk skripsi

Posting Komentar untuk "Metodologi Penelitian Pendidikan, Apa yang dipelajari ?"