Tips Menjaga Agar Baterei Laptop Tahan Lama

Tips Menjaga Agar Baterei Laptop Tahan Lama - Saat ini, laptop sudah bukan merupakan barang mahal. Setiap orang pasti memiliki barang ini karena sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang dalam menyelesaikan pekerjaan, baik saat masih di kantor atau sedang ada di rumah. Para pelajar di sekolah dan mahasiswa di perguruan tinggi sudah terbiasa mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah menggunakan laptop.

Salah satu hal yang sering menjadi keluhan adalah baterei laptop yang tidak awet atau baterei laptop cepat drop padahal umur laptop atau batereinya belum lama diganti. Ternyata rusaknya baterei laptop yang begitu cepat disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam memperlakukan barang ini. Kebiasaan-kebiasaan seperti membiarkan charger tetap tertancap pada laptop walau batrei sudah terisi penuh juga turut menjadi penyebab mengapa baterei laptop cepat rusak atau cepat drop.  Lalu apa yang harus dilakukan agar  baterai laptop awet dan tidak cepat rusak?

1. Jangan Membiarkan charger tetap tertancap pada laptop meskipun baterai sudah penuh.

Hal ini nampak sepele, biasanya karena lupa atau sengaja biar baterai tetap terisi, pengguna laptop membiarkan charger tetap menancap pada laptop padahal baterai sudah penuh. Sebagai perumpamaan anda sudah kenyang saat makan, namun terus dipaksa untuk makan. Maka bisa jadi akan sakit perut bahkan muntah-muntah.

2. Jangan Meletakkan laptop di atas bantal atau kasur ketika sedang bekerja

Pada kasus ini memang menjadi kebiasaan sebagian besar teman-teman saat mengerjakan tugas. Benar-benar enak sambil rebahan di atas kasur. Namun kondisi tempat yang digunakan terlalu lunak seperti bantal dan kasur, akan menutup saluran pembuangan panas pada bodi laptop, sehingga panas akan terakumulasi di dalamnya, menyebabkan mesin laptop dan baterai mengalami kenaikan suhu yang signifikan.

3. Jangan Menggunakan sembarang charger laptop.

Meski colokan charger setiap laptop memiliki perbedaan, akan tetapi ada beberapa merek yang memiliki kesamaan. Ini sering digunakan oleh pengguna untuk mengisi daya laptop dengan sembarang charger. Ingat, setiap charger laptop memiliki daya yang berbeda-beda. Jadi berilah daya pada baterai laptop anda sesuai dengan aslinya.

4. Jangan Melepas baterai dari laptop.

Memang dengan cara ini baterai akan lebih awet karena jarang dipergunakan. Akan tetapi efeknya pada hardware laptop anda, terutama pada hard disk. Saat baterai dilepas maka daya hanya menggunakan dari charger. Saat listrik mati dengan tiba-tiba, maka laptop juga akan mati secara langsung. hal ini memberi efek buruk pada hard disk laptop anda.

5. Jangan Membiarkan daya pada baterai pada level kritis.

Lebih aman saat indikator pada baterai menunjukkan prosentase 20% harap segera mengisinya. Yang terjadi biasanya tetap mengira bahwa pada level tersebut daya masih akan bertahan lama.

Itulah tips menjaga agar baterei laptop tahan lama dan tentu saja batrei juga dapat rusak karena hal lain yang tidak kita duga.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menjaga Agar Baterei Laptop Tahan Lama"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel