Ringkasan Statistika Dasar (1)

Ringkasan Statistika Dasar (1) - Statistika dapat diartikan sebagai (a) Kumpulan angka-angka mengenai masalah, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai masalah tersebut tersebut dan (b) Ukuran yang dihitung dari sekumpulan data dan merupakan wakil dari data itu.Statistika adalah metode ilmiah yang mempelajari pengumpulan, perhitungan, penggambaran dan penganalisisan data, penarikan kesimpulan yang valid berdasrkan penganalisisan yang dilakukan dan pembuat keputusan yang rasional.

Statistika deskriptif adalah fase statistika yang hanya menggambarkan dan menganalisis kelompok data yang diberikan tanpa penarikan kesimpulan mengenai kelompok data yang lebih besar. Statistik induktif adalah statistika yang menyangkut penarikan kesimpulan yang valid mengenai kelompok yang lebih besar.

Data adalah keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah. Berikut ini diberikan macam-macam data ditinjau dari beberapa segi. Menurut Sifatnya, data dibagi menjadi dua bagian, yaitu : (a.) Data Kualitatif , yaitu data yang berbentuk kategori atau atribut; dan (b) Data Kuantitatif, adalah data yang berbentuk bilangan. Data diskrit adalah data yang diperoleh dengan cara menghitung atau membilang. Data sekunder adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur.
Menurut Cara Memperolehnya,data dibagi menjadi dua bagian, yaitu : (a )Data primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi serta diperoleh secara langsung dari objeknya; dan (b ) Data Sekunder,adalah adat yang diperoleh dalam bentuk sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah pihak lain, biasanya data itu dicatat dalam bentuk publikasi – publikasi. Data mentah adalah data yang belum mengalami pengolahan apa pun

Dalam statistika proses pengumpulan data ada dua macam, yaitu :(a.) Sensus adalah cara pengumpulan data, jika setiap anggota populasi diteliti satu persatu; (b) Sampling adalah cara pengumpulan data, jika hanya sebagian anggota populasi saja yang diteliti.

Sebuah populasi mencakup semua anggota dari kelompok yang diteliti. Suatu karakteristik dari populasi dinamakan Parameter. Sekumpulan anggota yang diperoleh dari sebagian anggota populasi dinamakan Sampel. Untuk memperoleh anggota – anggota populasi menjadi anggota sampel dapat dilakukan dalam dua cara yaitu : (a.) Cara Acak ;adalah cara pemilihan sejumlah anggota dari populasi yang dilakukan sedemikian rupa sehingga anggota-anggota populasi itu mempunyai kemungkinan yang sama untuk terpilih menjadi anggota sampel. Cara pemilihan anggota sampel dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :Dengan Undian dan Dengan Tabel Bilangan Acak; (b) Cara Tidak Acak, adalah cara pemilihan sejumlah anggota dari populasi dengan setiapanggotanya tidak mempunyai kemungkinan yang sama untuk terpilih menjadi anggota sampel.

Sumber: Mujono. Analisis Data Dan Peluang

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ringkasan Statistika Dasar (1)"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...