Mengenal Reference Manager : Zotero

Mengenal Reference Manager : Zotero - Saat ini, tuntutan untuk menulis sebuah karya tulis terutama yang bersifat ilmiah adalah keaslian sebuah tulisan dalam arti bebas dari plagiasi. Plagiasi sendiri secara sederhana adalah perbuatan mengakui tulisan atau karya orang lain sebagai tulisan atau karya sendiri dimana pada suatu karya atau tulisan tidak dicantumkan sumber yang jelas.

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang melakukan hal tidak terpuji ini adalah ketidakmampuan seorang penulis mengelola sumber-sumber pustaka yang dibaca atau dimiliki sehingga terkadang lupa mencantumkan sumber pustaka dalam tulisannya. Kealpaan menulis sumber bacaan kadang-kadang tidak disengaja misalnya disebabkan penulis lupa buku yang dibaca atau tidak mengetahui cara penulisan pustaka dengan aturan atau cara tertentu.


Untuk membantu seorang penulis mengatasi masalah di atas, ada beberapa program pengelolaan referensi (reference manager) yang dapat digunakan sebagai alat bantu agar penulis lebih mudah membuat kutipan dan juga daftar pustaka. Beberapa diantaranya adalah EndNote, Mendeley dan Zotero. EndNote versi Desktop sendiri adalah program berbayar tetapi tersedia versi Web yang gratis.
Sedangkan Zotero merupakan salah satu program pengelolaan referensi dan dapat yang mudah diperoleh secara gratis karena memang program ini dikembangkan untuk tujuan non komersial dengan platform open source.

Program yang ini memiliki dapat mendeteksi sumber referensi yang tersedia di dalam laman sebuah website dan otomatis menyimpannya ke dalam komputer dengan mudah hanya dengan sekali klik. Zotero memberikan kemudahan pada penggunannya untuk menambahkan file berbetuk PDF, gambar, audio, video, dan snapshot dari halaman sebuah Website dan secara otomatis akan mengindeks konten teks lengkap dari koleksi yang dimiliki atau ditambahkan ke dalam aplikasi. Zotero juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menemukan apa yang dicari hanya dengan beberapa penekanan tombol.


Saat ini, Zotero memiliki dua versi aplikasi yang bisa digunakan. Yang pertama adalah versi “add‐on” yang diinstal pada Mozila Firefox. Aplikasi Zotero akan ditambahkan (add‐on) dan menjadi bagian dari Mozila Firefox. Versi yang kedua adalah versi “standalone”. Pada versi standalone, aplikasi akan diinstal sebagai aplikasi berdiri sendiri dalam Program Files (MS Windows) dan membutuhkan konektor untuk menghubungkan dengan peramban yang digunakan (Chrome, Safari, Firefox). Selengkapnya dapat dibaca pada sumber di bawah ini.

Sumber: Haxa Soeprijanto. 2016. Panduan Mengelola Daftar Referensi Menggunakan Zotero. Yogyakarta: Perpustakaan UGM. Panduan ini dapat diunduh di http://lib.ugm.ac.id/data/panduan_zotero.pdf

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Reference Manager : Zotero"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...