Pengenalan Procept Operasi Pengurangan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar

Pengenalan Procept Operasi Pengurangan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar - Pengurangan bilangan cacah bersesuaian dengan perhitungan banyak anggota pengambilan sebagian dari sebuah kumpulan benda yang anggotanya lebih banyak oleh kumpulan benda yang anggotanya lebih sedikit. Sebagai contoh, 5 – 2 = 3 bersesuaian dengan pengambilan sebagian dari sebuah kumpulan benda yang berisi 5 anggota oleh kumpulan benda lain yang berisi 2 anggota yang hasilnya (obyek yang tak tersentuh dalam proses pengambilan) sebanyak 3 anggota.

Sama seperti pada  Pengenalan Konsep dan Operasi Pengurangan Bilangan cacah yang diposting sebelumnya, dimana  bilangan dipandang sebagai besaran panjang, maka operasi kurang bersesuaian dengan kata kunci dipotong. Peragaannya seperti pada gambar berikut.



Dengan melihat peragaan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa dipotong hasilnya menjadi pendek.

Literatur

Marsudi Raharjo, Endang Listyani & Sri Wulandari Danoebroto. 2016. Modul Guru Pembelajar: Modul Pelatihan SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C. Profesional Kajian bilangan cacah dan statistika Di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengenalan Procept Operasi Pengurangan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...