Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bocoran Tentang Soal Tes CPNS 2018

Bocoran Tentang Soal Tes CPNS 2018 - Proses Pelaksanaan Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 telah melalui beberapa tahapan. Salah satu tahapan paling penting setelah tahap registrasi akun SSCN dan seleksi administrasi yang harus dilalui oleh para CPNS  adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tentu saja Tahap seleksi boleh diikuti oleh para peserta yang sudah diumumkan lulus setelah seleksi administrasi dari berkas yang diupload pada tahap pemberkasan.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 menggunakan sistem  Tes Berbasis Komputer (Computer Assisted Test/CAT), dan kelulusan menggunakan sistem nilai passing grade yang telah ditetapkan. Nilai SKD/Seleksi Kompetensi Dasar sangat penting mengingat bobot SKD  sebesar 40 persen dan sisanya adalah bobot  Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebesar  60 persen.

Dalam  laman resmi Kementerian PANRB, Deputi SDM  PANRB Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan, setiap peserta SKD harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

Baca Juga: Download Contoh Soal CPNS 2018: Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) disertai Pembahasannya

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi. Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0). 
TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).


Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.
Para Peserta perlu mengetahui informasi terkait Soal Tes CPNS 2018 agar dapat mempersiapkan diri secara matang. Akhirnya semoga para peserta tes CPNS 2018 dapat mengikuti semua tahapan seleksi CPNS 2018 dengan baik.

Posting Komentar untuk "Bocoran Tentang Soal Tes CPNS 2018"