Beberapa Pertimbangan Dalam Memilih Perguruan Tinggi - TIPS BELAJAR MATEMATIKA

Beberapa Pertimbangan Dalam Memilih Perguruan Tinggi

Beberapa Pertimbangan Dalam Memilih Perguruan Tinggi-Pendidikan merupakan investasi jangka panjang. Oleh karenanya, memilih perguruan tinggi sebagai tempat melanjutkan studi selepas lulus SMA sama seperti memilih instrumen yang cocok saat menginvestasikan sejumlah uang dalam ilmu ekonomi.

Banyak instrumen investasi yang tersedia dengan segala kelebihan, kekurangan serta besarnya resiko. Pemilihan instrumen investasi yang penuh pertimbangan akan berpengaruh pada hasil investasi di masa depan.

Semua orang menginginkan masa depan yang baik, salah satunya dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kalau kita melihat iklan lowongan pekerjaan pada berbagai media, banyak pekerjaan dengan salary menjanjikan mensyaratkan tingkat pendidikan yang ditempuh minimal Diploma atau Sarjana.

Namun untuk memilih perguruan tinggi bukan merupakan masalah yang remeh temeh atau sepele. Kesalahan memilih perguruan tinggi kemungkinan besar akan berpengaruh pada keberlanjutan karir di masa depan.

Oleh karena itu, pertimbangan memilih perguruan tinggi harus dilakukan jauh jauh hari sehingga biaya, waktu, tenaga dan hal lain yang dikeluarkan akan menjadi investasi yang berharga karena mencapai hasil yang baik berupa lulus PT dan selanjutnya mendapatkan karir yang baik serta kehidupan yang layak.

Berikut ini merupakan beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan dalam memilih perguruan tinggi.

1. Pertimbangkan Minat dan Bakat Serta Kemungkinan Kompetensi yang bisa dikembangkan

Setiap orang adalah individu yang unik. Ini berarti minat dan bakat juga tidak sama antara satu orang dengan lainnya. Kadang-kadang, para lulusan SMA ikut-ikutan teman dalam memilih jurusan tertentu pada perguruan tinggi tertentu. Padahal, mungkin jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Pemilihan jurusan dan perguruan tinggi seharusnya mempertimbangkan, apakah jika memilih jurusan pada PT tersebut,minat, bakat dan bahkan kompetensi yang ada dapat lebih dikembangkan guna menunjang karir yang dicita-citakan di kemudian hari.

Sumber Gambar: uniflor.ac.id 

Jika jurusan pada PT yang dituju diyakini dapat mengembangkan minat, bakat dan kompetensi yang ada maka kemungkinan pemilihan jurusan tersebut telah tepat.

2. Pertimbangkan Tingkat Pendidikan dan Lama Waktu Kuliah

Banyak orang yang ingin menempuh pendidikan yang tidak terlalu lama dan segera bekerja. Jika ini yang diinginkan maka, pilihan yang tepat adalah jalur diploma. Untuk lulus program diploma, hanya dibutuhkan waktu dua sampai tiga tahun.

Jika orang ingin menekuni suatu bidang ilmu tertentu secara akademik dan memiliki waktu yang panjang serta tidak memiliki masalah biaya maka program sarjana adalah pilihannya. Pemilihan tingkat pendidikan dan lamanya waktu kuliah juga sangat bergantung dari biaya, waktu dan kemampuan akademik yang dimiliki. 

3. Pertimbangkan Lokasi Perguruan Tinggi sesuai Dana Pendidikan atau Kemungkinan Beasiswa

Lokasi kuliah dan biaya kadang menjadi ganjalan bagi seseorang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak calon mahasiswa yang belum siap untuk kuliah yang jauh dari tempat tinggalnya. Ada juga yang karena kekurangan biaya hanya bisa membayar biaya kuliah tetapi tidak bisa membayar kos dan lain-lain.

Kalau keadaannya seperti ini, perguruan tinggi yang dekat dengan tempat tinggal dapat menjadi pilihan. Saat ini, banyak beasiswa yang tersedia bagi  mahasiswa yang kurang mampu di hampir semua perguruan tinggi. Pilihlah perguruan tinggi yang kemungkinan besar memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa terutama yang kurang mampu.

4. Pelajari lebih detil Perguruan Tinggi sesuai Lokasi yang Dipilih

Setelah mantap dengan lokasi perguruan tinggi, langkah selanjutnya adalah memilih perguruan tinggi pada lokasi yang diinginkan. Calon mahasiswa perlu mengunjungi langsung perguruan tinggi dimaksud selain memperoleh informasi lewat landing page PT yang bersangkutan.

Di personalia bagian informasi pendaftaran biasanya sangat ramah memberikan informasi yang dibutuhkan. Jika tidak memungkinkan karena lokasi yang jauh, calon mahasiswa dapat mengunjungi sosial media pt dimaksud dan dapat bertanya langsung pada adminnya.

Admin medsos PT yang baik biasanya menjawab detil semua pertanyaan calon mahasiswa terkait dengan banyak hal yang berhubungan dengan PT mereka seperti visi dan misi dari perguruan tinggi tersebut, fasilitas yang disediakan, kualitas dari pengajar/dosen, dan jurusan yang ditawarkan di perguruan tinggi tersebut. 

5. Karir dan Pekerjaan 

Profesi untuk hidup di masa depan merupakan aspek yang harus dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi. Banyak orang yang menganggur dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan pekerjaan selepas menyelesaikan kuliah. Pilihlahh perguruan tinggi yang memang sudah terbukti menghasilkan lulusan siap pakai dan memiliki jaringan kerjasama dengan industri sehingga memudahkan lulusan mencari pekerjaan.

Lebih baik lagi, bila perguruan tinggi tersebut memiliki wadah pengembangan karir untuk membantu menyalurkan lulusannya bekerja di industri yang sesuai. Jangan sampai anda terjebak di perguruan tinggi yang lulusannya ternyata sangat sulit mencari pekerjaan atau menganggur tidak bekerja.

 Itulah 5 hal yang mesti dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi guna melanjutkan studi. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Pertimbangan Dalam Memilih Perguruan Tinggi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel