Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Matematikawan Terhebat Sepanjang Masa

Matematikawan Terhebat Sepanjang Masa

Mari kita akui saja bahwa Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang paling menyenangkan dan populer. Orang menyukai Matematika karena berbagai alasan. Namun, ada banyak orang yang mungkin merasa sedikit takut karena berpikir itu terlalu membingungkan. Ya, tidak. Bagi orang yang memiliki guru tudung dan bimbingan, Matematika bisa menjadi seperti cakewalk. Yang perlu Anda lakukan adalah memiliki beberapa gagasan tentang konsep Matematika. Mengikuti kehidupan ahli matematika terhebat sepanjang masa dapat membantu Anda belajar banyak.

Matematika juga memiliki kontribusi terhadap perkembangan masyarakat. Sebagian besar penemuan ilmiah dimungkinkan karena Matematika. Itu memungkinkan kami untuk mengetahui rahasia DNA, membuat dan mengirimkan listrik dan juga membuat komputer ada. Kami berutang kesuksesan dan semua kontribusi ini kepada ahli matematika terhebat sepanjang masa. Baca artikel lebih lanjut untuk mengetahui beberapa matematikawan terhebat.

Daftar 11 Matematikawan Terhebat Sepanjang Masa

Matematikawan terhebat sepanjang masa telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan dunia. Sebagian besar dari mereka juga telah menerima penghargaan dan ucapan terima kasih atas kontribusi mereka di bidang Matematika. Di bawah ini adalah daftar semua matematikawan terhebat sepanjang masa:

1.Carl Friedrich Gauss

Lahir: 30 April 1777, Braunschweig, Jerman

Meninggal: 23 Februari 1855, Göttingen, Jerman

Penghargaan: Medali Copley

Pendidikan: Universitas Helmstedt, Universitas Göttingen, Universitas Teknologi Braunschweig

Carl Friedrich Gauss adalah seorang ahli matematika Jerman yang memberikan kontribusi signifikan pada banyak bidang, termasuk teori bilangan, aljabar, statistik, analisis, geometri diferensial, geodesi, geofisika, mekanika, elektrostatika, astronomi, dan teori matriks, dan optik.

2.Leonhard Euler

Lahir: 15 April 1707, Basel, Swiss

Meninggal: 18 September 1783, Saint Petersburg, Rusia

Pendidikan: Universitas Basel (1720–1723)

Terpengaruh: Carl Friedrich Gauss, Joseph-Louis Lagrange, dan lainnya

Pasangan: Salome Abigail Gsell (l. 1776–1783), Katharina Gsell (l. 1734–1773)

Leonhard Euler adalah seorang matematikawan Swiss, fisikawan, astronom, ahli logika dan insinyur yang membuat penemuan penting dan berpengaruh di banyak cabang matematika seperti kalkulus dan teori graf yang sangat kecil sementara juga memberikan kontribusi perintis untuk beberapa cabang seperti topologi dan teori bilangan analitik. Dia juga memperkenalkan banyak terminologi dan notasi matematika modern, khususnya untuk analisis matematika, seperti gagasan tentang fungsi matematika.

3.Isac Newton

Lahir: 4 Januari 1643, Woolsthorpe-by-Colsterworth, Inggris

Meninggal: 31 Maret 1727, Kensington, London, Inggris Raya

Nama lengkap: Sir Isaac Newton

Pendidikan: Universitas Trinity, Cambridge (1667–1668), Sekolah Raja, Grantham (1955-1959)

Sir Isaac Newton PRS adalah seorang ahli matematika, astronom, dan fisikawan Inggris yang dikenal luas sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa dan tokoh kunci dalam revolusi ilmiah. Isaac Newton terkenal dengan kontribusinya di bidang Matematika dan Fisika. Namun, kebanyakan dia terkenal dengan tiga hukum geraknya. Isaac Newton dan Gottfried Leibniz menemukan teori kalkulus pada akhir abad ke-17

4.Euclid

Lahir: Alexandria, Mesir

Kebangsaan: Yunani

Terpengaruh: Stilpo, Thrasymachus dari Corinth, Clinomachus, Eubulides, Ichthyas

Guru: Archimedes

Bidang: Matematika

Euclid of Megara adalah seorang filsuf Socrates Yunani yang mendirikan sekolah filsafat Megarian. Dia adalah murid Socrates pada akhir abad ke-5 SM dan hadir saat kematiannya. Dia menganggap kebaikan tertinggi sebagai satu, abadi dan tidak dapat diubah dan menolak keberadaan sesuatu yang bertentangan dengan kebaikan.

5. Srinivasa Ramanujan

Lahir: 22 Desember 1887, Erode

Meninggal: 26 April 1920, Kumbakonam

Pasangan: Janakiammal (m. 1909–1920)

Pendidikan: Universitas Trinity, Cambridge (1919–1920), Universitas Cambridge (1914-1919)

Orangtua: Komalatammal, K. Srinivasa Iyengar

Srinivasa Ramanujan adalah seorang matematikawan India yang memberikan kontribusi signifikan pada analisis matematika, teori bilangan, dan pecahan lanjutan. Pada usia 31 Ramanujan adalah salah satu Fellow termuda dalam sejarah Royal Society. Dia terpilih "untuk penyelidikannya dalam fungsi Elliptic dan Teori Bilangan." Pada 13 Oktober 1918, dia adalah orang India pertama yang terpilih sebagai Fellow of Trinity College, Cambridge. Dia dianggap sebagai salah satu matematikawan India terbaik.

6.Pierre de Fermat

Lahir: 17 Agustus 1601, Beaumont-de-Lomagne, Prancis

Meninggal: 12 Januari 1665, Castres, Prancis

Pendidikan: Universitas Orleans (1623–1626)

Pasangan: Louise Long Fermat (m.?–1665)

Buku: Tulisan-tulisan tentang Geometrical Loci

Orangtua: Dominique Fermat, Francoise Cazeneuve Fermat

Pierre de Fermat, Seorang matematikawan Prancis yang sering disebut sebagai pendiri teori bilangan modern. Fermat mengembangkan sistem geometri analitik yang mendahului dan melampaui sistem Descartes; ia mengembangkan metode kalkulus diferensial dan integral yang diakui Newton sebagai inspirasi. Dia juga orang Eropa pertama yang menemukan rumus integrasi untuk polinomial umum, dia menggunakan kalkulusnya untuk menemukan pusat gravitasi, dll.

7. Gottfried Wilhelm Leibniz

Lahir: 1 Juli 1646, Leipzig, Jerman

Meninggal: 14 November 1716, Hanover, Jerman

Terpengaruh: Ferdinand Georg Frobenius, lebih lanjut

Pendidikan: Universitas Leipzig, Universitas Altdorf, Universitas Jena

Dipengaruhi oleh: René Descartes, Baruch Spinoza, Blaise Pascal dan banyak lagi.

Leibniz memelopori wacana umum matematika, termasuk aspek kontinyu, diskrit, dan simboliknya. Ide-idenya tentang logika simbolik tidak dikejar dan diserahkan kepada Boole untuk menemukan kembali ini hampir dua abad kemudian. Isaac Newton dan Gottfried Leibniz menemukan teori kalkulus pada akhir abad ke-17

8.Albert Einstein

Lahir: 14 Maret 1879, Ulm, Jerman

Meninggal: 18 April 1955, Princeton, New Jersey, Amerika Serikat

Terpengaruh: Satyendra Nath Bose, Leo Szilard, Wolfgang Pauli, dan banyak lagi

Dipengaruhi oleh: Isaac Newton, Mahatma Gandhi dan banyak lagi.

Albert Einstein tidak diragukan lagi adalah salah satu dari dua fisikawan terhebat sepanjang sejarah. Teori atom mencapai penerimaan umum hanya setelah makalah Einstein tahun 1905 yang menunjukkan bahwa perbedaan atom menjelaskan gerak Brown. Makalah 1905 lainnya memperkenalkan persamaan terkenal E = mc2. Einstein menerbitkan setidaknya 300 buku atau makalah tentang fisika sekaligus.

9. Pythagoras

Bidang minat: Politik, Matematika, Metafisika, Etika, Musik

Terpengaruh: Philolaus, Empedocles, Plato, Alcmaeon dari Croton, Euclid, Johannes Kepler, Parmenides, Hippasus

Era filosofis: Filsafat kuno

Aliran pemikiran: Pythagoreanisme

Dipengaruhi oleh: Thales of Miletus, Anaximander, Pherecydes of Syros, Themistocles

Pythagoras menemukan bahwa interval harmonis dalam musik didasarkan pada bilangan rasional sederhana. Hal ini menyebabkan daya tarik dengan bilangan bulat dan numerologi mistik. Teorema Pythagoras dikenal jauh sebelum Pythagoras, tetapi ia sering dianggap sebagai bukti pertama. Apastambha membuktikannya di India pada waktu yang hampir bersamaan; beberapa dugaan bahwa Pythagoras melakukan perjalanan ke India dan mengetahui buktinya di sana.

10. Rene Descartes

Lahir: 31 Maret 1596, Descartes, Indre-et-Loire, Prancis

Meninggal: 11 Februari 1650, Stockholm, Swedia

Terpengaruh: Noam Chomsky, Baruch Spinoza, Slavoj Žižek, lainnya

Dipengaruhi oleh: Aristoteles, Plato, Thomas Aquinas, Archimedes dan banyak lagi.

René Descartes dianggap sebagai penemu geometri analitik dan notasi aljabar simbolik. Penggunaan persamaan untuk memecahkan sebagian masalah geometris dari Pappus merevolusi matematika.

11. Aryabhata

Lahir: 476 M, Assaka

Meninggal: 550 M, India

Kebangsaan: India

Buku: Aryabhatiya

Minat utama: Matematika, Astronomi

Terpengaruh: Lalla, Bhāskara I, Brahmagupta, Varāhamihira

Matematikawan India unggul selama ribuan tahun, dan akhirnya bahkan mengembangkan teknik-teknik canggih seperti deret Taylor sebelum orang Eropa melakukannya, tetapi kredit mereka ditolak karena kekuasaan Barat. Di antara matematikawan Hindu, Aryabhata dikenal sebagai Arjehir oleh orang Arab, mungkin yang paling terkenal. Aryabhata terkenal dengan identitas Σ (k3) = (Σ k)2. Prestasinya yang paling terkenal dalam matematika adalah Algoritma Aryabhata untuk memecahkan persamaan Diophantine. Dia membuat beberapa penemuan penting dalam astronomi. Ahli matematika India Aryabhatta menemukan atau menemukan angka nol.

Posting Komentar untuk "Matematikawan Terhebat Sepanjang Masa"