Beberapa Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sebelum membaca artikel terkait Beberapa Model Penelitian Tindakan Kelas ada baiknya kalau mengetahui sejarahnya dan latar belakangnya.'

Baca:
Latar Belakang adanya Penelitian Tindakan Kelas

Sejarah Penelitian Tindakan Kelas

Dalam perkembangan PTK, ditemukan banyak model yang diusulkan oleh para ahli yang dapat digunakan oleh para peneliti untuk proses pelaksanaan PTK. Adapun pemilihan model PTK disesuaikan dengan langkah-langkah serta kompleksitas permasalahan yang harus dipecahkan oleh peneliti. Tentu saja pemilihan model yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan kemampuan peneliti baik dari segi biaya, waktu dan ketersediaan sarana prasarana. Model-model tersebut pada umumnya dikembangkan dari pemikiran Kurt Lewin.  Kurt Lewin merupakan penggagas awal penelitian tindakan.
Ada beberapa model penelitian tindakan yang sampai saat ini sudah sering digunakan di dalam dunia pendidikan, di antaranya: (1) Model Kurt Lewin, (2) Model Kemmis dan Mc Taggart, (3) Model John Elliot, dan (4) Model Dave Ebbutt. Model-model penelitian tindakan inilah yang digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan PTK dengan mempertimbangkan variasi permasalahan yang dihadapi guru (pada umumnya sangat individual-artinya, antara guru yang satu dan yang lain memiliki permasalahan yang berbeda). Model-model tersebut dapat saja dimodifikasi oleh para guru untuk disesuaikan dengan permasalahan pembelajaran atau non pembelajaran yang dihadapinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...