Melaksanakan Tindakan dan Observasi


Tindakan hendaknya dituntun oleh rencana yang telah dibuat, tetapi perlu diingat bahwa  tindakan itu tidak secara mutlak dikendalikan oleh rencana, mengingat dinamikan proses pembelajaran di kelas yang menuntut penyesuaian. Oleh karena itu, guru peneliti perlu bersikap fleksibel dan siap mengubah rencana tindakan sesuai dengan keadaan yang ada. Semua perubahan/penyesuaian yang terjadi perlu dicatat karena kelak harus dilaporkan.
Pelaksanaan rencana tindakan memiliki karakter perjuangan materiil, sosial, dan politis ke arah perbaikan. Mungkin negosiasi dan kompromi diperlukan, tetapi kompromi harus juga dilihat dalam konteks strateginya. Perubahan hasil tindakan kemungkinan belum cukup berarti, tetapi cukup untuk mendasari tindakan berikutnya sampai indikator yang ditetapkan tercapai.
Observasi tindakan di kelas dilakukan saat pembelajaran tindakan dilakukan. Observasi berfungsi untuk mendokumentasikan pengaruh tindakan bersama prosesnya. Observasi itu berorientasi ke depan, tetapi memberikan dasar bagi usaha refleksi sekarang, lebih-lebih lagi ketika putaran atau siklus terkait masih berlangsung. Perlu dijaga agar observasi:
1.      Direncanakan agar; a) ada dokumen  sebagai dasar refleksi berikutnya dan b) fleksibel dan terbuka untuk mencatat hal-hal yang tak terduga;
2.      Dilakukan secara cermat karena tindakan Anda di kelas selalu akan dibatasi oleh kendala realitas kelas yang dinamis, diwarnai dengan hal-hal tak terduga;
3.      Bersifat responsif, terbuka pandangan dan pikirannya.
Apa yang diamati dalam PTK ? a) perilaku guru dalam proses pembelajaran tindakan; b) perilaku siswa dalam pembelajaran tindakan; c) suasana kelas dalam proses pembelajaran tindakan; d) proses tindakannya, e) pengaruh tindakan  (yang disengaja dan tak sengaja), f) keadaan dan kendala tindakan, g) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan yang telah direncanakan dan pengaruhnya, dan h) persoalan lain yang timbul.   

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Melaksanakan Tindakan dan Observasi"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...