Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Proposal Penelitian Tindakan Kelas

Manfaat Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan menyusun proposal PTK merupakan salah satu proses penting dan menjadi satu kesatuan dengan pelaksanaan PTK. Artinya orang yang pernah melaksanakan PTK dipastikan sudah merencanakan kegiatan penelitiannya secara matang. Apabila seorang peneliti akan melaksanakan penelitian, hal utama yang perlu dilaksanakan adalah mengajukan usulan penelitian atau sering disebut proposal penelitian.  
Untuk dapat melaksanakan PTK diperlukan perencanaan yang rinci serta terprogram karena berhubungan dengan perbaikan berbagai hal yang menurut peneliti dianggap tidak ideal. Perencanaan tersebut tercermin dalam bentuk proposal PTK. Penyusunan proposal sangat penting agar kegiatan penelitian itu benar-benar dapat mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika seorang peneliti menyusun sebuah proposal PTK.

Beberapa  manfaat penyusunan proposal PTK, diantaranya adalah:
1. Sebagai panduan bagi arah kegiatan perbaikan kualitas pembelajaran melalui PTK;
2. Sebagai arahan untuk kegiatan perencanaan pelaksanaan PTK yang dilaksanakan guru;
3. Sebagai syarat kelengkapan administrasi bagi pengajuan nilai kredit poin pada kegiatan pengembangan profesi; dan
4.  Sebagai sarana untuk mengajukan permohonan dana dari sponsor kegiatan PTK yang ada di lingkungan pemerintah maupun donatur lain bagi orang yang akan melakukan PTK.
Baca artikel selanjutnya : Sistematika Proposal Penelitian Tindakan Kelas

Posting Komentar untuk "Manfaat Proposal Penelitian Tindakan Kelas"