Sistematika Proposal PTK: Pembatasan dan Perumusan Masalah

Sistematika Proposal PTK: Pembatasan dan Perumusan Masalah. Agar penelitian lebih terarah (focus) dan jelas lingkupannya, maka masalah yang telah diidentifikasi perlu dibatasi. Pembatasan masalah ditujukan pada objek penelitian, yaitu objek tindakan dan objek hasil tindakan. 

Batasan terhadap objek tindakan dilakukan dengan memberikan penjelasan istilah secara konseptual, sedangkan batasan masalah terhadap objek hasil tindakan dilakukan dengan menyajikan definisi operasional. Definisi operasional mengarah pada pengukuran. Setelah masalah dibatasi dengan cermat, maka diajukan rumusan masalah.

Rumusan masalah penelitian tindakan kelas dinyatakan dalam kalimat tanya. Inti dari pertanyaan adalah menanyakan apakah tindakan dapat melakukan perbaikan pembelajaran. Terkait dengan contoh judul 1, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut.

Bagaimana pendekatan pendidikan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika bagi siswa kelas V Semester I SDK Yapertif Ende tahun ajaran 2014/2015 ?

Jawaban kata ‘bagaimana’ berarti menuntut uraian tentang proses tindakan (pelaksanaan pendekatan matematika realistik) yang berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Tentu saja jawaban pertanyaan ini akan mencakup data-data peningkatannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistematika Proposal PTK: Pembatasan dan Perumusan Masalah"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...