Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Membuat Latar Belakang Penelitian Tindakan Kelas

Langkah-Langkah Membuat Latar Belakang Penelitian Tindakan Kelas - Pada artikel sebelumnya tentang Menulis LatarBelakang Masalah PTK, telah dipaparkan bahwa beberapa unsur yang harus ada dalam sebuah latar belakang penelitian berjenis PTK adalah kondisi ideal, kenyataan yang dirasakan guru, kesenjangan antara hal ideal dan kenyataan, yang merupakan masalah dan akar masalahnya, urgensi penyelesaian masalah dan solusinya.

Untuk membuat latar belakang masalah yang baik, perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah pertama

Tuliskan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut pada masing-masing paragraf.

1. Apa yang seharusnya yang diharapkan dari para siswa saya ?
2. Apa kenyataan yang ada terkait harapan tersebut ?
3. Apa yang menjadi masalahnya ?
4. Apa penyebab (akar) masalahnya ?
5. Mengapa masalah tersebut harus diselesaikan ?
6. Bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut ?

Langkah kedua : 

Memperbaiki masing masing paragraf dengan menambahkan hal-hal yang berhubungan dengan paragraf tersebut. Satu paragraf paling sedikit memuat satu kalimat utama dan satu kalimat penjelas. Kalimat penjelas dapat menggunakan teori-teori pembelajaran yang relevan denga kalimat atau gagasan pokok dalam kalimat tersebut.

Langkah ketiga: 

Membuat hubungan antara paragraf-paragraf yang telah dibuat. Latar belakang masalah sejatinya merupakan rasionalisasi dari pemilihan suatu judul penelitian. Oleh karenanya alasan pemilihan judul harus dibuat secara runut dan berkesinambungan sehingga pembaca dapat memahaminya.

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat latar belakangpenelitian tindakan kelas. Jika mengikuti langkah-langkah tersebut maka akan latar belakang ptk yang dihasilkan pasti baik dan berkualitas.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Membuat Latar Belakang Penelitian Tindakan Kelas"