Cara mempelajari Statistika

Cara mempelajari Statistika. Statistika sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karenanya, walaupun sulit, statistika wajib dipelajari oleh semua orang. Tentu saja orang belajar statistik sesuai dengan kebutuhannya dalam menggunakan kaidah-kaidah statistika.

Ada dua jalan yang dapat ditempuh untuk mempelajari statistika. Jika ingin membahas statistika secara mendasar, mendalam dan teoritis, maka yang dipelajari digolongkan kedalam statistika matematis atau statistika teoritis. Di sini diperlukan dasar matematika yang kuat dan mendalam. Yang dibahas antara lain penurunan sifat-sifat, dalil-dalil, rumus-rumus, menciptakan model-model dan segi-segi lainnya lagi yang teoritis dan matematis. Biasanya satistika matematis dipelajari pada kuliah-kuliah jurusan matematika atau jurusan statistik.

Cara yang kedua, kita dapat mempelajari statistika semata-mata dari segi penggunaannya. Aturan-aturan, rumus-rumus, sifat-sifat dan sebagainya yang telah diciptakan oleh statistik teoitis, diambil dan digunakan mana yang perlu dalam berbagai bidang pengetahuan. Jadi di sini tidak dipersoalkan bagaimana didapatnya rumus-rumus atau aturan-aturan, melainkan hanya dipentingkan bagaimana cara, teknik atau metoda statistika digunakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mempelajari Statistika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel