Statistik dan Statistika

Statistik dan Statistika. Statistika telah banyak digunakan di berbagai bidang. Pada zaman dahulu, statistik digunakan secara terbatas untuk menggambarkan keadaan dan menyelesaikan persoalan-persoalan negara seperti sensus penduduk, penarikan pajak dan lain-lain. Pada era modern ini, hampir semua bidang kehidupan telah banyak menggunakan statistika seiring dengan berkurangnya bidang-bidang yang menggunakan pendekatan spekulatif.

Secara etimologis kata statistik berasal dari kata status (bahasa Latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada awalnya statistik hanya berkaitan dengan sekumpulan angka mengenai penduduk suatu daerah atau negara dan pendapatan masyarakat. Termasuk pula, kumpulan angka yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam menyelesaikan beberapa persoalan yang berhubungan dengan statistika.

Dengan demikian kata statistik biasanya merujuk pada karakteristik tertentu dari sekumpulan data atau dapat merujuk pada angka-angka pencatatan dari suatu kejadian atau kasus tertentu (Hadi, 1980:1). Statistik dalam keseharian tidak lain adalah data atau informasi tentang gejala atau keadaan tertentu, kebanyakan orang menyebut data statistik (Hadi, 1980:1). Dalam Statistika, data atau statistik disebut variable.

Kata statistika telah banyak digunakan untuk membatasi cara-cara ilmiah untuk mengumpulkan, menyusun, meringkas dan menyajikan data hasil penelitian (Hadi, 1980:1). Statistika merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan serta penganalisanya, penarikan kesimpulan, serta pembuatan keputusan yang beralaskan pada penganalisaan yang dilakukan (Sudjana, 2005:3). Dengan demikian, statistika dapat dipandang sebagai aktivitas manusia dalam mengolah data atau informasi yaitu: (1) mengumpulkan data, (2) seleksi dan klasifikasi, (3) tabulasi, (4) presentasi, (5) komputasi-analisis-interpretasi,(6) penarikan kesimpulan dan (7) pengambilan keputusan. Dengan kalimat lain, statistika merupakan ilmu tentang statistik.

Baca Juga : Cara mempelajari Statistika

Dalam kamus bahasa Inggris akan dijumpai kata statistics dan kata statistic. Kedua kata itu mempunyai arti yang berbeda. Kata statistics artinya ilmu statistik (statistika) , sedang kata statistic diartikan sebagai “ukuran yang diperoleh atau berasal dari sampel“ yaitu sebagai lawan dari kata “parameter “ yang berarti ukuran yang diperoleh atau berasal dari populasi”. Ditinjau dari segi terminologi, dewasa ini apabila kita membaca atau mendengar istilah statistik maka, dalam istilah statistik itu mengandung berbagai macam pengertian, antara lain menurut Sudjana (1996:21) statistik adalah kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan. Dari pengertian tersebut, statistik diartikan dalam arti sempit, yaitu keterangan ringkas berbentuk angka-angka. Contoh: Statistik penduduk, yang berarti keterangan mengenai penduduk berupa angka-angka dalam bentuk ringkas, seperti jumlah penduduk dan rata-rata umur penduduk. Selain itu statistik juga mengandung pengertian lain, yakni dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sesuatu hal. Contohnya, bila kita meneliti berat badan 40 mahasiswa dan didapat rata-rata berat badannya misalnya 50 kg, maka rata-rata 50 kg ini dinamakan statistik.

Statistik sudah diartikan dalam arti yang luas yaitu statistika yang merupakan suatu pengetahuan yang berkaitan dengan metode, teknik, atau cara mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan atau menginterpretasikan data baik data diskrit maupun kontinue. Dengan demikian pengertian statistika jauh lebih luas daripada statistik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Statistik dan Statistika"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...