Mengapa Geometri Perlu dipelajari Oleh Mahasiswa PGSD ?

Mengapa Geometri Perlu dipelajari Oleh Mahasiswa PGSD ? Matematika pada hakikatnya adalah sebagai kumpulan sistem aksiomatis. Konsep-konsepnya tersusun secara hierarkis, terstruktur, logis, dan sistematis, mulai dari konsep yang paling sederhana sampai pada konsep yang paling kompleks. Salah satu kelompok anggota kumpulan sistem atau struktur matematika yang akan dibahas pada bab ini adalah Geometri, yang salah satu di antaranya adalah Geometri Euclid. Euclid sendiri merupakan nama tokoh pelopor Geometri, yang melalui Geometri-nya tersebut ia ditahbiskan sebagai pelopor pengembangan berpikir deduktif aksiomatis.

Mengapa Geometri diberikan sebagai bahan perkuliahan mahasiswa PGSD? Alasannya adalah sebagai berikut. Pola pikir Euclid telah dijadi tolok ukur pengembangan sistem matematika yang lain oleh para matematikawan. Di antara sistem-sistem dalam matematika, selain sistem bilangan, Geometri Euclid dipandang sebagai sistem yang paling intuitif.



Hal ini memungkinkan Geometri diajarkan di Sekolah Dasar walaupun harus dengan cara yang sedikit lebih intuitif. Tentu saja disebabkan karena anak usia sekolah dasar belum berpikir abstrak seperti orang dewasa. Geometri dianggap mempunyai banyak aplikasi dalam matematika dan kehidupan nyata, yang juga banyak mengandung unsur problem solving-nya. Oleh sebab itu wajarlah jika Geometri dan pemecahan masalah Geometri dijadikan bahan perkuliahan matematika yang diberikan kepada mahasiswa PGSD yang notabene merupakan calon guru Sekolah Dasar. 

Selain alasan tersebut di atas, salah satu aspek yang diajarkan dalam mata pelajaran matematika di sekolah dasar adalah aspek Geometri. Seorang guru sekolah dasar minimal memiliki pemahaman yang  lebih terkait materi geometri sehingga para mahasiswa PGSD yang notabene adalah calon guru sekolah dasar wajib memiliki pemahaman-pemahaman terkait geometri Euclid.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Geometri Perlu dipelajari Oleh Mahasiswa PGSD ?"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel