Mengapa Statistika Penting Untuk Mahasiswa PGSD dan Guru SD ?

Mengapa Statistika Penting Untuk Mahasiswa PGSD dan Guru SD ?. Statistik sangat bermanfaat dalam berbagai bidang. Untuk menyelesaikan jenjang Sarjana, mahasiswa PGSD harus menempuh beberapa mata kuliah yang membutuhkan kemampuan mahasiswa tentang perhitungan-perhitungan statistika sederhana. Pada fase akhir jenjang Sarjana, para mahasiswa diharuskan melakukan kegiatan penelitian guna penulisan Skripsi. Data penelitian harus dapat dikumpulkan dengan metode yang benar, kemudian disajikan untuk dapat lebih bermakna bagi orang lain baik secara tekstular, tabular maupun grafik.


Saat akan menjadi guru di sekolah dasar nanti akan ditemukan persoalan statistika yaitu bagaimana guru mengumpulkan informasi prestasi belajar siswa, mengolahnya menjadi informasi-informasi yang berguna sampai pada pelaporan dan pengambilan keputusan seorang peserta didik naik kelas atau tidak naik kelas. Data hasil belajar berupa nilai siswa, motivasi siswa, respon siswa dan lain-lain yang harus diolah dan disajikan kepada pihak yang berkepentingan.

Baca Juga: Persoalan dan Ciri Statistika

Selain beberapa kegunaan di atas, penguasaan beberapa konsep dalam statistika akan membantu guru SD mengajar matematika di SD. Hal ini disebabkan adanya aspek pengolahan data sederhana yang terdapat dalam konten matematika SD menuntut guru untuk menguasai materi dan dapat mengajarkannya pada siswa SD.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Mengapa Statistika Penting Untuk Mahasiswa PGSD dan Guru SD ? "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...