Bangun Datar : Jajaran Genjang

Bangun Datar : Jajaran Genjang - Jajaran genjang (parallelogram) merupakan salah satu jenis bangun datar. Berdasarkan gambarnya dapat difefinisikan bahwa jajaran genjang (sering juga disebut jajar genjang) merupakan bangun datar berbentuk segi empat yang masing-masing sisi berhadapannya sama panjang dan sejajar, memiliki dua pasang sudut yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya.
Pengertian

Jajar Genjang atau Jajaran Genjang merupakan bangun  datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya, dan memiliki dua pasang sudut bukan siku-siku yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya.

Ciri-Ciri Jajaran genjang

Berdasarkan definisi dan gambarannya, jajaran genjang memiliki (1)sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan saling sejajar, (2)sudut-sudut yang berhadapan memiliki besar yang sama, (3)Jumlah sudut yang berdekatan 180 derajat, dan (4) diagonal-diagonalnya saling membagi dua dan sama panjang.

 Keliling Jajaran Genjang

Jajaran genjang memiliki keliling dan luas. Keliling jajaran genjang adalah jumlah panjang dari panjang sisi sisi yang membentuk jajaran genjang. Keliling jajaran genjang merupakan jumlah panjang 2 pasang sisi sejajarnya yaitu 2panjang sisi datar + 2panjang sisi miring.

Luas jajaran Genjang

Luas jajaran genjang sama dengan luas persegi panjang. Dalam bangun datar jajaran genjang terdiri dari panjang alas dan tinggi. Luas jajaran genjang diperoleh dengan mengalikan panjang dari alas dan tingginya.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bangun Datar : Jajaran Genjang "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel