Teorema Pythagoras pada Soal bangun Datar di SD yang relatif Sulit Untuk Guru

Teorema Pythagoras pada Soal bangun Datar di SD yang relatif Sulit Untuk Guru - Baru-baru ini saya mendapatkan pertanyaan dari seorang guru SD di sebuah sekolah dasar di Ende, sebut saja Ibu IM. Beliau adalah mantan mahasiswa saya yang baru lulus beberapa waktu lalu. Soal ini seharusnya sangat mudah untuk guru. Ya, namanya guru baru tentu saja merupakan pengalaman baru jika beliau harus menemukan solusi dengan soal-soal yang memadukan beberapa pokok bahasan (konsep matematika).

Ada dua soal yang dikirimkan ibu IM via inbox aplikasi pengirim pesan Messenger. Semua soal berhubungan dengan menemukan luas dan keliling bangun datar. Terlihat, dalam soal yang dikirimkan, sudah ditandai option yang merupakan jawaban yang benar,mungkin buku ini merupaakan buku yang digunakan oleh guru sebelumnya. Soalnya seperti pada gambar di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menentukan Tripel Pythagoras

Soal 1

Penyelesaian dari soal di atas adalah sebagai berikut:

Untuk menyelesaikan soal di atas, perlu diketahui sisi miring dari trapezium tersebut. Langkah selanjutnya adalah menemukan kelilingnya. Selanjutnya keliling yang telah diperoleh dikalikan dengan biaya yang dibutuhkan untuk membuat pagar per meternya. Saya mengirimkan penyelesaian soal di atas sebagai berikut.

Soal 2

 Untuk menyelesaikan soal 2 di atas perlu diketahui sisinya. Penyelesian soal 2 di atas adalah sebagai berikut:
Demikianlah contoh penerapan Theorema  Pythagoras dalam menyelesaikan soal Trapesium dan Persegi yang merupakan kesulitan bagi salah satu guru di Ende.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teorema Pythagoras pada Soal bangun Datar di SD yang relatif Sulit Untuk Guru "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel