Cara Membuat Quis dengan Software Wondershare Quiz Creator

Cara Membuat Quis dengan Software Wondershare Quiz Creator - Seperti pada posting sebelumnya tentang Membuat Ujian/Tes Online dengan WonderShare Quiz Creator bahwa software ini dapat digunakan untuk membuat tes. Posting kali ini merupakan kelanjutannya. Ya, sebagai guru, memanfaatkan teknologi dan computer untuk mempermudah pekerjaan merupakan sebuah keharusan. Tentu saja dalam pembelajaran matematika, penggunaan software ini membuat guru menjadi lebih mudah membuat evaluasi sehingga dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga. Guru harus mengusai program-program maupun software yang memang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran Matematika agar proses pencapaian siswa dapat lebih optimal.

Terlebih di abad 21 ini, pembelajaran matematika harus berciri abad 21 sehingga pembelajaran dan gurunya juga harus berwawasan abad 21. Di abad 21 ini peran komputer dalam pembelajaran matematika merupakan sebuah keniscayaan. Selain komputer, munculnya aplikasi aplikasi berbasis android turut menggairahkan dunia game, termasuk berkembangnya aplikasi game android untuk pembelajaran matematika. Saat ini, telah hadir salah satu program yang dapat memudahkan bagi para pengajar dalam melaksanakan pembelajaran Matematika yang inovatif. Program ini pun dapat membantu mengurangi kerusakan hutan dan penebangan poho, karena dengan menggunakan program ini, kita tidak perlu menggunakan kertas, kita hanya membutuhkan media computer saja. Nama software ini adalah Wondershare Quiz Creator. Wondershare Quiz Creator merupakan software tambahan pihak ketiga keluaran Wondershare.

Untuk memulai program ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Software Wondershare Quiz Creator sudah terinstall, apabila belum silakan untuk mendownload  di sini dan menginstallnya terlebih dahulu.

1. Apabila sudah terinstall, untuk memulai membuat kuis/pertanyaan, Klik “create a new Quiz”

  
2. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

 
Di Wondershare Quiz Creator ini, disediakan berbagai macam jenis model pertanyaan. Namun, tidak semua jenis pertanyaan dapat digunakan dalam membuat soal-soal atau kuis Matematika Sesuaikan penggunaan model-model pertanyaan tersebut dengan materi pelajaran yang dibahas.

True / False, Untuk membuat pertanyaan dengan mode menjawab benar atau salah

Multiple Choice, Untuk membuat pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda single (jawaban benar hanya satu)

Multiple Choice, Untuk membuat pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda multiple answers (jawaban benar lebih dari satu)

Fill In The Blank, Untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab mengisi area yang kosong. Dengan alternative jawaban yang sudah di set.

Macthing, Untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab memasangkan dua kata/kalimat kiri dan kanan.

Sequence, Untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab mengurutkan jawaban dari atas kebawah
Word Bank, Untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab memasangkan kata-kata yang ada dengan kalimat pernyataan.

Clik Map, Untuk membuat pertanyaan dengan bentuk pertanyaan berupa gambar dan menjawabnya dengan cara mengklik pada area tertentu pada gambar sesuai dengan pertanyaannya.

Short Essay, membuat pertanyaan isian yang sederhana.

Langkah Pertama:

Pada langkah pertama ini, kita dapat melakukan pensettingan properties dari kuis yang akan kita buat. Pada bagian ini, terdiri dari: Quiz Information, Quiz Settin, Question Setting, Quiz Resul, Acces Contro,Quiz Information


Masukan info dari kuis yang akan kita buat. Kita bisa merubah title menambahkan intruksi, memberikan gambar. Untuk menambahkan gambar klik pada tombol Browse kemudian pilih gambar. Masukan info dari test yang akan kita buat. Author atau Pembuat quiz bisa memasukan data diri sebagai copyright dengan mengklik pada Edit Information.




 
Masukkan data dari pembuat kuis tersebut, kemudian Klik OK.Data dari pengguna kuis yang kita buat juga bisa dihimpun, dengan memberi tanda pada collect data from pastisipan quiz. Kemudian untuk mengubah form pertanyaan, klik “DataCollection.

  • Donnot ask, artinya hal ini tidak perlu ditanyakan kepada pengguna kuis tersebut.
  • Optional, artinya memberikan kebebasan pada pengguna kuis apakah mau mengisi atau tidak.
  • Required, artinya hal ini harus di isi oleh pengguna.

Question Setting


Pada menu “question setting” ini, kita bisa mengubah settingan standar, sesuai dengan keinginan kita.
Randomization, untuk mensetting tampilnya soal secara urut atau di acak.

Answer submitation, bisa di setting submit one question, artinya setiap satu soal langsung di submit atau sekaligus semua di isi baru disubmitt.
Quiz Result Type, menentukan skor kelulusam, skor standar adalah 80% bisa kita ubah dengan memasukan nilainya pada passing rate.
Time Limit, lamanya waktu pengerjaan bisa di batasi sesuai dengan kebutuhan. Untuk membatasi waktu pengerjaan, klik pada end quiz after, masukkan durasi pengerjaan.

Quiz Result

Quiz result mensetting bagaimana tampilan setelah tes selesai dikerjakan.


Jika kita ingin hasil dari tes yang dilakukan oleh siswa langsung tersimpan di database atau terkirim ke website masukan saja alamat email dan website pada kolom yang diminta.

Langkah Kedua:

Panduan pembuatan soal :
Ketikkan naskah soal anda di field “Enter the question”
Ketikkan opsi jawaban anda di field “Enter the choice”
Untuk menambah soal klik “New question”
Jika sudah selesai silahkan klik “OK”
Pengaturan quiz silahkan klik “Quiz Properties”

Untuk menyisipkan gambar, persamaan, maupun video silahkan pilih menu yang tersedia berikut :

 
Dalam program Wondershare Quiz Creator ini disediakan berbgai macam jenis model pertanyaan. Tidak semua jenis pertanyaan kita gunakan, sesuaikan dengan materi pelajaran.


Untuk membuat pertanyaan, klik pada tombol true / False.


Untuk jenis pertanyaan ini hanya masukan peryataan kemudian tentukan peryataan ini betul atau salah dengan cara mencenta pada pilihan yang ada. Klik ok untuk selesai atau preview untuk melihat hasilnya seperti apa.

 
Menu sudah seperti MS Office sehingga lebih mudah digunakan. Kita bisa menambahkan gambar, sound dan video.Selain itu sudah di sediakan fasilita Equation Editor.


Cara membuat pertanyaan semua type soal kurang lebih sama. Tinggal kita masukan pertanyaan, jawaban kemudian tandai jawaban yang benar. Untuk beberapa type soal masukan instruksi dengan benar.

Merubah Player Template


Player template bisa kita rubah sesuai dengan keinginan. Klik pada player template Kemudian pilih template yang ada. Setelah itu klik pada tombol save.



Langkah Ketiga: Publish

Langkah selanjutnya yang kita lanjutkan adalah mem publish soal test yang sudah buat. Klik pada menu publish, kemudian pilih type file yang diinginkan.
 
Untuk penggunaan power point kita gunakan type web. Klik pada tombol Web.



masukan pada folder yang sama dengan file powerpoint yang akan menggunakan evaluasi ini. Setelah semua siap klik publish



Proses berjalan, setelah selesai klik finis.Untuk melihat hasilnya klik Vire the Quiz, untuk membuka tempat quiz di simpan klik Open the Folder.

Memasukan Quiz Ke Power Point

Untuk memasukan ke power point gunakan hyperlink. Buat sebuat tulisa atau shape yang akan digunakan sebagai tombol untuk menuju ke evaluasi. Sebelumnya pastikan semua file dan folder hasil publish dari wondershare di tempatkan dalam satu folder dengan file powerpoint. Hasil dari quiz Creator biasanya berbentuk quiz.html dan quiz.swf

Di powerpoint seleksi(aktifkan) tombol/tulisan yang akan kita beri hyperlink kemudian pilih Action



Klik pada hyperlink kemudian pilih other file.


Pilih quiz.html didalam folder yang sama dengan file powerpoint kemudian klik ok. Beri centang pada play sound kemudian pilih jenis suara yang di inginkan untuk menambahkan suara pada saat tombol ditekan. Beri centang pada Highlight Click untuk menambahkan efek tombol ditekan. Setelah itu klik ok.

Sumber:

https://ibnufajar75.wordpress.com/2012/11/06/cara-membuat-quiz-creator-secara-online
https://id-static.z-dn.net/.../53f2c46ac8ab1e4ed1b84b3b275dfc94.d...
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Quis dengan Software Wondershare Quiz Creator "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel