Peran Komputer dalam Pembelajaran Matematika

Peran Komputer dalam Pembelajaran Matematika - Pesatnya bidang teknologi pendidikan disebabkan karena pesatnya komputer  saat ini yang memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika. Sifat matematika yang  abstrak atau imajinatif yang sulit dipikirkan siswa, dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer. Hal ini tentu saja akan lebih menyederhanakan jalan pikir siswa dalam memahami matematika. Dengan demikian proses pembelajaran matematika dapat dilakukan guru dengan memberdayakan komputer. Latihan dan percobaan – percobaan eksplorasi matematik dapat dilakukan siswa dengan komputer. Selain itu program – program sederhana yang dapat dipelajari siswa dapat digunakan dalam penananman dan penguatan konsep membuat pemodelan matematika, dan menyusun strategi dalam memecahkan masalah.

Belakangan ini hampir seluruh sekolah telah   memiliki perangkat komputer yang memadai baik kualitas maupun kuantitas. Sayangnya komputer yang ada tidak dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pembelajaran matematika. Padahal banyak hal yang dapat dilakukan guru dengan komputer dalam pembelajaran matematika. Tentu saja hal ini menuntut kreativitas guru harus bagaimana mempresentasikan matematika dalam kegiatan pembelajaran.

Komputer memberikan kesempatan siswa lebih luas  daripada kalkulator. Hal ini disebabkan karena kemampuan memori komputer yang jauh lebih besar dari kemampuan menampilkan gambar dalam monitor yang lebih sempurna daripada kalkulator. Penggunaan komputer dalam pembelajaran matematika misalnya:
  1. Membuat grafik lurus berbentuk y = mx + c dengan Ms Excel. Dengan mengganti persamaannya, maka nilai variabel y, akan berganti secara otomatis, dan model grafik akan berganti, program ini bertujuan untuk mendemostrasikan kepada siswa bagaimana kedudukan titik – titik pada garis y = mx + c.b. Mengamati grafik suatu persamaan dengan Ms Excel.  Melalui komputer siswa dapat mengamati investigasi sifat – sifat grafik dari suatu persamaan.Misalnya dengan hanya mengubah parameter, pada persamaan siswa dapat memahami semua tipe dari kurva – kurvanya. 


  1. Operasi matriks dengan program maple 
  2. Penggunaa aplikasi android untuk pembelajaran matematika 
  3. Pemaparan materi dengan menggunakan program Ms PowerPoint, penyajian materi dengan menggunakan powerpoint dengan animasi yang menarik dapat meningkatkan perhatian siswa sehingga materi yang diberikan dapat diserap dengan baik.
  4. Pembelajaran Aljabar dan Geometri menggunakan Geogebra
  5. Penggunaan game, game menarik untuk pembelajaran matematika
  6. Penggunaan berbagai program untuk membuat soal-soal ujian online seperti Wondershare Quis Creator, dan perangkat lunak pembuat tes online lainnya.

Contoh di atas hanyalah sedikit contoh terkait dengan pentingnya komputer dalam pembelajaran matematika. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peran Komputer dalam Pembelajaran Matematika"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...