Matematika Diskrit, Apa yang Dipelajari ?

Matematika Diskrit, Apa yang Dipelajari ? Matematika Diskrit merupakan salah satu cabang matematika. Selain dipelajarai oleh para mahasiswa matematika, matematika diskrit juga oleh mahasiswa pendidikan matematika. Akan tetapi, matematika diskrit penting dan bahkan sangat penting dipelajari oleh orang yang bergelut dengan computer, sehingga matematika diskrit sering juga dinamakan matematika informatika.Mengapa demikian ? hal ini karena computer beroperasi secara diskrit dengan unit terkecil yang dinamakan bit (binary digit). Oleh karenanya , rangkaian dan juga operasi dalam komputer dapat dijelaskan dengan menggunakan konsep matematika diskrit

Kata diskrit (discrete) merujuk pada sejumlah elemen yang berbeda dan berhingga, atau elemen-elemennya tidak kontinu. Sebagai contoh, himpunan bilangan bulat dimana antara satu bilangan dengan bilangan yang lainnya masing-masing berdiri sendiri atau tidak ada hubungannya merupakan contoh dari sekumpulan elemen-elemen diskrit. Sedangkan himpunan bilangan real merupakan contoh dari sekumpulan elemen-elemen yang kontinu. Komputer digital bekerja secara diskrit. Informasi yang disimpan dan dimanipulasi oleh komputer adalah dalam bentuk diskrit. Sebagai contoh, kamera digital menangkap gambar (analog) lalu direpresentasikan dalam bentuk diskrit berupa kumpulan pixel atau grid. Setiap pixel adalah elemen diskrit dari sebuah gambar.

Biasanya, materi yang dibahas atau dipelajari dalam matematika diskrit yaitu: Logika dan penalaran, Teori Himpunan, Matriks, Relasi dan Fungsi, Induksi Matematik, Algoritma, Teori Bilangan Bulat, Barisan dan Deret, Teori Grup dan Ring, Aljabar Boolean, Kombinatorial, Teori Peluang Diskrit,Fungsi Pembangkit, Teori Graf, Kompleksitas Algoritma,Otomata & Teori Bahasa Formal dan masih banyak lagi.

Banyak kegunaan jika kita belajar matematika diskrit. Salah satunya adalah berpikir matematis terutama dalam memahami dan membuat argument-argumen matematis. Matematika diskrit juga bermanfaat untuk memberikan landasan matematis untuk kuliah-kuliah lain di bidang informatika.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Matematika Diskrit, Apa yang Dipelajari ? "

  1. Saya tertarik dengan judul dan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Komputasi Matematika yang bisa anda kunjungi di Informasi Komputasi Matematika

    ReplyDelete

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel