Beberapa Penyebab Anak Menjadi Kurang Percaya Diri

Beberapa Penyebab Anak Menjadi Kurang Percaya Diri - Banyak orang yang memperlakukan diri sendiri dengan buruk, merasa tidak berguna dan tidak berharga di mata orang lain. Rasa percaya diri yang kurang adalah akibat dari kejadian buruk di masa kanak-kanak yang telah membuat seseorang bersikap acuh tak acuh. Hasil akhir dari kurangnya rasa percaya diri ini biasanya mengarah pada penghukuman terhadap diri sendiri, yang akan merampas keyakinan dirinya, serta kemampuannya untuk berfikir rasional. Penyebab umum kurangnya rasa percaya diri antara lain adalah:

Terabaikan.

Anak-anak yang tumbuh tanpa mendapatkan cinta dan kasih sayang yang cukup akan merasa terabaikan dan bersikap acuh tak acuh saat mereka dewasa. Pada saat belajar dikelas terkadang anak mengharapkan guru memberi perhatian khusus terhadapnya, seperti menanyakan bagaimana pelajarannya dan apa yang belum difahami oleh anak tersebut, yang aka membuat anak menjadi lebih semangat untuk terus bertanya. Namun apabila guru tidak memberi perhatian terhadap anak-anaknya, maka anak akan merasa terabaikan.

Kritik yang berlebihan.

Saat seorang anak terus menerus diingatkan bahwa dia nakal, itu akan membuatnya menjadi depresi dan hilang kepercayaan diri. Terkadang ada saja anak yang mendapatkan kritik yang tidak enak dari gurunya, mengatakan bahwa si anak sangat malas atau bodoh. Dan hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri anak ketika kedepannya, membuat anak benar-benar malas belajar dan tidak peduli dengan tugas yang diberikan gurunya.
 
Pengalaman negatif.

Kurangnya rasa percaya diri terkadang disebabkan oleh pengalaman yang negatif. Semua anak memiliki pengalaman negative atau pengalaman buruk yang berbeda-beda, contohnya: anak memiliki pengalaman buruk saat disekolahnya selalu mendapatkan nilai jelek di satu matapelajaran, dan tidak yakin apabila kedepannya ia akan mendapatkan nilai yang lebih baik dari sebelumnya. Karena anak ini sudah mensugestikan dirinya tidak mampu dalam matapelajaran tersebut.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Penyebab Anak Menjadi Kurang Percaya Diri"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel