Tentang Gerak Benda, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya serta Kegunaannya

Tentang Gerak Benda, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya serta Kegunaannya - Gerak adalah Perpindahan benda ke suatu tempat disebut gerak benda. Jenis-jenis gerak pada benda, sebagai berikut:

1) Gerak berputar, terjadi pada benda yang mempunyai poros (baling-baling, kipas angin, roda sepeda, ban mobil, katrol kerekan timba).
2) Gerak mengalir adalah perpindahan suatu benda dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Gerak mengalir ditemukan pada air dan angin (gerak mengalir pada air dan angin).
3) Gerak jatuh terjadi apabila kedudukan suatu benda letaknya berubah dari atas ke bawah. Mula-mula pensil berada di atas meja kemudian jatuh ke bawah meja karena ada tenaga yang menggerakkannya. Benda dapat jatuh ke bumi karena gaya tarik bumi yang disebut gaya gravitasi.
4) Gerak menggelinding dapat terjadi pada benda berbentuk bulat.Jika kamu menendang bola, maka bola akan bergerak ke arah tertentu. Gerak menggelinding menyebabkan kedudukan benda berubah.
5) Gerak pantul adalah gerak balik saat benda membentur benda keras. Setelah bola membentur dinding, bola akan kembali kepadamu, bukan? Gerakan itulah yang disebut memantul.


Ada banyak factor yang mempengaruhi gerak benda yaitu bentuk, berat keadaan permukaan dan keadaan permukaan lintasan Bentuk benda mempengaruhi gerak jatuh benda. Berat ringan benda mempengaruhi gerak benda. Semakin kasar permukaan suatu benda, semakin sulit benda itu menggelinding. Permukaan lintasan yang lebih halus memudahkan gerak benda daripada permukaan lintasan yang lebih besar.

Gerak benda memiliki banyak kegunaan. Roda yang berputar dapat memudahkan gerobak, sepeda, motor dan mobil bergerak bergerak. Kegunaan air mengalir adalah dapat menggerakan benda di atasnya,membersihkan kotoran, membangkitkan listrik dan untuk olahraga air.


loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Gerak Benda, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya serta Kegunaannya"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel