Tentang Pesawat Sederhana dan Jenisnya

Tentang Pesawat Sederhana dan Jenisnya -  Pesawat sederhana adalah Alat yang digunakan oleh manusia untuk mempermudahkan pelaksanaan pekerjaan. Jenis-jenis pesawat sederhana antara lain
a. Tuas (Pengungkit)
Batang besi atau batang lain yang digunakan untuk mengingkit merupakan Tuas yang paling sederhana. Batang tersebut bertumpu pada suatu tempat yang disebut Titik Tumpuh.Gaya yang bekerja pada tuas disebut Kuasa.tempat kuasa yang dilakukan disebut Titik Kuasa.Berat Benda disebut Beban.
Tuas digolongkan menjadi tiga golongan. penggolongan itu didasarkan pada tiga macam posisi dari kuasa, beban,titik tumpuh. Pada tuas golongan pertama, posisi titik tumpuh berada di antara beban dan kuas. contohnya: jungkal jungkil, gunting, palu untuk mencabut paku,dan linggis.

Pada tuas golongan kedua, posisi beban berada diantara posisi kuasa dan titik tumpu. Contohnya saat kita mendorong gerobak pasir dan pada alat pemecah buah atau biji.  Pada tuas golongan ketiga, posisi kuasa berada di antara titik tumpu dan beban. Contohnya pada saat kita menggunakan sekop untuk mengambil tanah.

b. Bidang Miring

Permukaan datar dengan salah satu ujungnya lebih tinggi daripada ujung yang lain sisebut bidang miring. jalan berkelok-kelok di pegunungan dan papan luncur yang merupakan tempat anak bermain merupakan bidang miring.Bidang miring dibuat bukan untuk menciptakan usaha, tetapi untuk mempermudahkan kita dalam memindahkan sesuatu benda.

Bidang miring dipergunakan untuk membantu memindahkan benda-benda yang terlalu berat. Keuntungan bidang miring ialah Gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan suatu benda lebih kecil. demikian bidang miring memiliki kelemahan, yakni untuk melaluinya harus menempuh mengurangi gaya yang diperlukan.

Prinsip bidang miring dimanfaatkan orang untuk membuat baji. jadi, sesungguhnya merupakan bidang miring.Contoh alat yang menggunakan prinsip baji adalah; Kapak, Pisau, Linggis, Obeng, paku Ilir, dan Skrup.  Baji dan Bidang miring memiliki perbedaan. pada bidang miring yang bergerak adalah bendahnya. sedangkan bidang miringnya tetap. Pada baji yang bergerak adalah Bidang miringnya sedangkan bendanya tetap.

c. Katrol

Katrol dalah suatu doda yang berputar pada porosnya.katrol biasanya digunakan bersama-sama dengan rantai atau tali. Benda yang berat dapat diangkat dengan menggunakan katrol.katrol dapat mengubah arah gaya yang digunakan untuk menatik atau mengangkat karena mempunyai titik tumpuh,kuasa dan beban.  Jenis-jenis Ketrol adalah:

1. Katrol Tetep

Katrol yang posisinya tidak berubah disebut katrol tetap.ketrol ini dipasang pada tempat tertentu. Contoh Katrol tetap yang midah kamu temui kato pada sumur timba. Dengan menarik ujung tali yang tidak terikat pada beban, maka beban akan terangkat.Kuasa yang dibutuhkan sama dengan berat beban itu sendiri.

2. Katrol Bebas

Katrol yang Poeisinya selalu berubah disebut katrol bebas.katrol bebas dapat bergerak, tidak dipasang pada tempat tertentu. katrol ditempatkan diatas tali dengan beban dikaitkan beban pada katrol. salah satu ujung tali di ikat pada tempat yang tetap.ujung yang lain ditarik keatas. akibat tarikan itu katrol dan beban akan naik. Kuasa yang perlukan pada katrol bebas untuk mengangkat beban lebih kecil dari pada kuasa yang diperlukan pada katrol tetap.

3. Katrol Majemuk

Katrol majemuk adalah perpaduan antara katrol tetap dan katrol bebas yang dihubungkan dengan tali. Beban dikaitkan pada katrol yang bebas salah satu ujung tali diikat pada penopang katrol tetap. Ujung tali yang lain kita tarik. akibat tarikan itu beban dan katrol yang bebas akan terangkat.

d. Roda

Bentuk roda yang bundar membuatnya mudah bergerak. penggunaan roda saat memindahkan benda saat mengurangi gaya gesekan. kamu tentu telah paham bahwa gaya gesekan dapat menahan gerak benda. Roda juga digunakan pada dasar berbagai benda agar mudah digeser-geser , misalnya pada kursi kantor atau alas lemari es

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Pesawat Sederhana dan Jenisnya"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...