Tips untuk Lulus dengan Predikat Cumlaude

Tips untuk Lulus dengan Predikat Cumlaude – Sebagai mahasiswa, siapa sih yang tidak ingin lulus dengan predikat Cumlaude ? Namun untuk mendapat predikat ini, bukanlah perkara mudah. Banyak mahasiswa yang ingin lulus dengan predikat tersebut dengan berbagai alasan. Predikat tersebut dapat sebagai batu loncatan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapatkan pekerjaan yang baik.Tentu saja merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena akan diperlakukan berbeda ketika prosesi kelulusan seperti yudisium dan wisuda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk lulus dengan predikat cumlaude.

1. Usahakan Hadir Kuliah 100%

Banyak dosen yang mensyaratkan kehadiran dengan persentase tertentu untuk dapat lulus dari mata kuliah yang diampunya. Rata rata para dosen mewajibkan mahasiswanya untuk hadir minimal 75% dari total pertemuan yang disyaratkan. Biasanya, mahasiswa dengan kehadiran kurang dari 75% tidak akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian akhir semester dan sudah berlaku di hampir semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Tentu saja, jika mahasiswa yang persentase kehadirannya 100%, akan mendapat kredit tersendiri dari dosen.

2. Selalu Aktif Ketika Perkuliahan Berlangsung

Bukan hanya kehadiran di kelas yang dituntut dalam perkuliahan, mahasiswa dituntut untuk aktif dalam kelas. Seorang mahasiswa yang aktif bertanya, memberikan tanggapan, maupun menyampaikan gagasannya akan mendapatkan kredit yang baik dari dosen. Aktif dalam perkuliahan merupakan sarana untuk memperlihatkan kepada dosen dan para kolega tentang penguasaan materi kuliah. Tentu saja hal ini akan menjadi pertimbangan utama seorang dosen dalam menilai mahasiswanya walaupun belum memeriksa lembaran ujian.

3. Rajin dan Tepat Waktu Mengumpulkan Tugas

Dosen yang baik akan selalu memberikan tugas kepada mahasiswanya. Hal ini merupakan tuntutan dari diterapkannya system kredit semester. Setiap dosen biasanya akan memberikan tenggang waktu untuk mengumpulkan tugas tersebut. Tugas yang dikumpulkan tepat waktu tentu akan lebih diperhatikan oleh dosen daripada tugas yang dikumpulkan setelah deadline yang ditentukan. Kadang-kadang, mahasiswa yang telat mengumpulkan tugas, tidak akan diperiksa atau dibaca oleh dosen.

4. Berusaha Untuk Memperoleh Nilai Maksimal saat Ujian Mid Semester dan Akhir semester

Nilai akhir yang diperoleh mahasiswa biasanya didapatkan dari Ujian tengah semester dan ujian akhir semester dan juga tugas tugas lain serta kehadiran mahasiswa. Tentu saja Ujian Akhir memberikan porsi dan pengaruh yang besar pada perolehan Nilai Akhir.

5. Menjaga Sikap dan Penampilan Selama Masa Kuliah

Memiliki sikap yang ramah terhadap dosen dan teman-teman serta pegawai memang tidak memiliki pengaruh terhadap nilai. Namun, sikap yang baik akan menjaga hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dosen tentunya akan menghargai mahasiswa yang ramah, sopan serta memiliki penampilan yang baik layaknya seorang mahasiswa ketimbang mahasiswa yang sebaliknya.

Itulah tips agar dapat lulus dengan predikat cumlaude. Perlu selalu diingat bahwa semua usaha yang tidak mendapatkan restu dari Tuhan, tidak memiliki arti apa.apa. Jadi jangan Lupa Berdoa.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips untuk Lulus dengan Predikat Cumlaude "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel