Tips Mendeteksi Berita Hoax yang Tersebar di Dunia Maya

Tips Mendeteksi Berita Hoax yang Tersebar di Dunia Maya - Saat ini marak tersebar berita-berita bohong di dunia maya. Banyak orang yang dengan mudahnya membagikan atau menshare berita-berita tersebut lewat berbagai akun media sosial tanpa berusaha mengetahui kebenaran dari berita tersebut.  Orang merasa perlu menjadi orang pertama yang membagikan informasi-informasi seperti ini tanpa menghiraukan benar tidaknya informasi informasi yang akan dibagikan.

Perilaku yang tidak seharusnya seperti ini turut dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah tingkat pendidikan dari orang yang membagikannya serta tujuan dibalik penyebaran berita tersebut.Informasi apapun yang diperoleh sebaiknya diperiksa terlebih dahulu kebenarannya, jangan langsung disebarkan, karena bisa jadi berita tersebut merupakan sebuah kebohongan. Umumnya berita yang tersebar di media sosial tidak melewati proses penyuntingan oleh editor sehingga sebagai pembaca, kita sendirilah yang bertindak sebagai editor bagi diri kita sendiri.

Berikut merupakan beberapa hal yang wajib dilakukan untuk mendeteksi apakah sebuah berita itu benar hoax seperti yang dikutip dari Jurnal Web.com.

1. Melakukan cross check terhadap berita provokatif

Banyak sekali berita yang tersebar di internet bernada provokatif. Berita seperti itu tentu untuk tidak langsung dipercaya, perlu dilakukan cross check. Kita bisa melakukan cross check menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya untuk memastikan apakah berita yang kita terima tersebut ditulis juga oleh situs berita lain, dan pastikan situs yang menuliskannya kredibel dan dikenal luas.Berita profokatif biasanya memiliki tujuan tertentu untuk menjatuhkan kredibilitas lembaga tertentu atau bahkan sengaja dibuat agar berita ini menjadi viral di medsos. Jika berita ini menjadi viral, maka dipastikan pembuat berita akan mendapatkan keuntungan secara materi.


2. Cek URL Situs

Sangat penting untuk melakukan pengecekan apakah berita yang dikirimkan tersebut berasal dari situs yang bermutu atau tidak. Cek apakah situs tersebut menggunakan URL yang benar dan dapat dipercaya sehingga memungkinkan untuk dijadikan referensi  untuk dibagikan kepada orang lain.

3. Cek Keaslian dari Foto foto yang disebar

Langkah yang ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek foto yang ada di dalam berita tersebut. Sering kali pembuat berita palsu juga melakukan editing foto untuk memprovokasi para pembaca untuk tujuan yang hanya dapat diketahui oleh pembuat berita.

Cara yang bisa kita lakukan ialah dengan mengunduh foto tersebut atau melakukan screenshot. Lalu buka Google Image pada browser kita lalu drag foto tersebut ke kolom pencarian Google Image. Kemudian periksa hasilnya untuk mengetahui secara lebih jelas sumber dan caption asli dari foto tersebut.

4. Ketahui Siapa Penulis Beritanya

Penting untuk mengetahui siapa penulis berita tersebut, karena saat ini banyak sekali berita yang dibuat hanya agar menjadi viral di media sosial dan penulisnya kebanjiran uang karena websitenya yang dipasangi iklan tersebut dikunjungi oleh banyak orang.

5. Menggunakan Akal Sehat ketika Membaca Sebuah Berita

Hal terakhir mungkin tidak kalah penting adalah menggunakan akal sehat ketika membaca sebuah berita, jangan terlalu mudah percaya, jangan mudah terpancing, dan jangan ragu untuk mengecek keaslian dan kebenaran sebuah berita yang kita terima melalui dunia maya.

6. Pastikan bahwa unsur 5W+1H ditemukan dalam artikel berita tersebut.

Kelengkapan unsur tersebut merupakan hal penting yang perlu ditelusuri jika ingin memastikan apakah berita tersebut merupakan berita yang benar. Jika tidak ditemukan unsur unsur tersebut, maka bisa dipastikan bahwa berita tersebut tidak dapat dipercaya atau Hoax.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mendeteksi Berita Hoax yang Tersebar di Dunia Maya "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel