Tahap-Tahap Pembelajaran Matematika di SD Menurut Bruner

Tahap-Tahap Pembelajaran Matematika di SD Menurut Bruner - Jarome Bruner menganjurkan bahwa dalam proses belajar siswa sebaiknya diberi kesempatan untuk memanipulasi benda-benda konkret (alat peraga). Dengan alat peraga, siswa dapat melihat langsung bagaimana keteraturan serta pola yang terdapat dalam benda yang sedang diperhatikannya. Keraturan tersebut kemudian dihubungkan dengan keteraturan intuitif yang telah melekat pada pikiran siswa (Ruseffendi, 1992: 109). Lebih lanjut Bruner mengemukakan bahwa dalam proses belajar siswa melewati 3 tahap, yaitu:

1) Tahap enaktif.

Pada tahap ini siswa secara langsung terlibat dalam memanipulasi objek.

2) Tahap ikonik.

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan siswa berhubungan dengan mental, yang merupakan gambaran dari objek-objek yang dimanipulasikannya. Anak tidak langsung memanipulasi objek seperti yang dilakukan siswa dalam tahap enaktif.

3) Tahap simbolik.
Pada tahap ini siswa memanipulasi simbol-simbol atau lambang-lambang objek tertentu. Anak tidak lagi terikat dengan objek-objek pada tahap sebelumnya. Anak pada tahap ini sudah mampu menggunakan notasi tanpa ketergantungan terhadap objek real.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tahap-Tahap Pembelajaran Matematika di SD Menurut Bruner"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel