Pembentukan Kecakapan Abad 21 Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar

Pembentukan Kecakapan Abad 21 Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar - Pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar, kecakapan hidup tidak dikemas dalam bentuk pokok bahasan tersendiri, ataupun disisipkan dalam materi tertentu yang membutuhkan waktu tambahan. Kecakapan hidup sudah terintegrasi dalam pembelajaran matematika dengan konteks dunia nyata di sekolah dasar (Andri Anugrahana, 2012). Berawal dari pengembangan konteks dunia nyata, pengetahuan matematika dapat dikembangkan secara bertahap sampai pada tataran matematika formal. Melalui pendekatan PMR ini, ada beberapa kecakapan hidup yang dapat dikembangkan di sekolah dasar yaitu: kecakapan personal , kecakapan berpikir rasional, dan kecakapan sosial.

Kemampuan mengenal diri sendiri tampak dalam kesadaran diri difokuskan pada kemampuan peserta didik untuk melihat sendiri potret dirinya sebagai siswa dalam melihat dirinya dalam hubungannya dengan lingkunganya. Dalam pembelajaran di kelas siswa akan semakin memahami posisi dirinya di lingkungan kelas dan sekolahnya. Kecakapan ini dapat dibentuk dengan menyajikan masalah kontekstual pada awal pembelajaran.

Kecakapan berpikir rasional dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan PMR meliputi: (1) kecakapan menggali dan menemukan informasi yang relevan dengan situasi konteks dari masalah kontekstual yang diberikan, (2) kecakapan mengolah informasi yang diperoleh dari masalah kontekstual dengan membuat model sendiri (3) serta kecakapan memecahkan masalah kontekstual yang diberikan secara kreatif.

Kecakapan sosial atau kecakapan antar personal mencakup kecakapan komunikasi dengan empati dan kecakapan kerjasama Interaksi antar siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa dapat berupa negosiasi, penjelasan, pembenaran, setuju, tidak setuju, pertanyaan atau refleksi digunakan untuk mencapai pemahaman matematika formal berawal dari bentuk-bentuk pengetahuan matematika informal siswa.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembentukan Kecakapan Abad 21 Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel