Tentang Jenis – Jenis Hasil Belajar

Tentang Jenis – Jenis Hasil Belajar - Belajar merupakan suatu proses dengan input-input tertentu yang tujuannya untuk mencapai hasil yang diinginkan. Hasil yang diinginkan dari suatu proses belajar ada banyak macam seperti memahami informasi, ketrampilan maupun sikap. Banyak ahli yang mengelompokan hasil belajar sesuai pendapat mereka, namun antara ahli terdapat benang merah yang dapat dipetik mengenai jenis-jenis hasil belajar.Salah satu ahli tersebut bernama Gagne.

Menurut Gagne (dalam Hernawan, dkk, 2011) hasil belajar dibagi menjadi lima kategori yaitu :

1) Informasi verbal (verbal information)

Informasi verbal adalah kemampuan yang menuntut siswa untuk memberikan tanggapan khusus terhadap stimulus yang relative khusus

Dalam kmampuan ini tidak ada tuntutan untuk menggunakan simbol,memecahkan masalah atau menerapkan aturan. Untuk menguasai kemampuan ini siswa hanya dituntut untuk menyimpan informasi dalam sistem ingatannya.

2) Keterampilan intelaektuan (intellectual skills)

Menurut Dick dan Carey (dalam Hernawan 2011), keterampilan intelektual adalah kemampuan yang menuntut siswa untuk melakukan kegiatan kognitif yang unik.Unik di sini artinya bahwa siswa harus mampu memecahkan suatu permasalahan dengan menerapakn informasi yang belum pernah dipelajari. Seorang siswa dianggap telah menguasai kemampuan ini apabila siswa tersebut telah menunjukkan kemampuan dalam membedakan karakteristik fisik yang memiliki objek, pengelompokkan objek-objek tersebut berdsarkan ciri-ciri yang sama, serta menerapkan konsep dan aturan dalam memecahkan masalah. Dengan dmikian, segala kemampuan yang menuntut siswa menggunakan informasi simbolik merupakan keteampilan intelektual.

3) Strategi kognitif (cognitive strategy)

Strategi kognitif mengcu pada kemampuan pengontrol proses internal yang dilakukan oleh individu dalam memilih dan memodivikasi cara berkonsentrasi belajar, mengingat dan berpikir. Siswa yang telah menguasai kemampuan stategi kogninif akan mendapat kemudahan dalam berkonsentrasi, belajar,mengingat dan berpikir.seorang siswa dianggap telah memilih kemampuan stategi kognitif apabila siswa tersebut mampu menerapkan teknik membaca yang memudahkannya untuk mengingat dan memahami apa yang dibacanya serta mampu memiliki teknik khusus untuk berpikir, cara menganalis masalah dan pendekatan untuk memecahkan masalah.

4) Sikap (Attitudes)

Sikap mengacu pada kecenderungan untuk membuat pilihan atau keputusan untuk bertindak di bawah kondisi tertentu. Dikaitkan dengan hasil belajar, sikap adalah kemampuan siswa dalam menentukan pilihan atau brtindak sesuai dengan sistem nilai yang diyakininya.

5) Keterampilan Motorik

Keterampilan motorik mengacu pada kemampuan melakukan gerakan atau tindakan yang terorganisasi yang direfleksikan melalui kecepatan,ketepatan, kekuatan dan kehalusan. Dengan memperhatikan pernyataan tersebut, keterampilan motorik tidak hanya melibatkan otot, tetapi juga otak. Ini berarti bahwa, dalam melakukan keterampilan motorik,kegiatan mental atau kognitif juga terlibat.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Jenis – Jenis Hasil Belajar "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel