Alat Peraga dalam Geometri Ruang

Alat Peraga dalam Geometri Ruang - Alat peraga merupakan sesuatu yang digunakan oleh guru untuk menjelaskan objek langsung matematika agar siswa mudah memahami materi secara baik dan utuh. Dengan kata lain alat peraga matematika berfungsi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Alat peraga matematika mempunya peranan yang sangat penting dalam pembelajaran baik untuk menerangkan suatu konsep atau fakta matematika maupun dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. 
Alat peraga dalam pembelajaran matematika berguna untuk (1) mewujudkan situasi belajar yang fleksibel dan efektif dan (2) jembatan untuk membuat siswa dalam berfikir secara abstrak yang merupakan sifat dari objek langsung matematika. sehingga kriterianya penggunaan alat peraga adalah:

a. Pengajaran dengan menggunakan alat peraga harus terintegrasi dengan content dan tujuan pembelajaran
b. Alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran dibuat semenarik mungkin untuk membuat siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran
c. Alat peraga digunakan dalam pembelajaran untuk mempercepat siswa dalam memahami materi matematika yang dijelaskan oleh guru.
d. Pembuatan alat peraga harus disesuaikan dengan tinggi badan dan kekuatan fisik siswa
f. Desain alat peraga fleksibel sehingga dapat dimanipulasi untuk digunakan secara berkelompok maupun secara individu.

Alat peraga sebagai media untuk membuat siswa memahami materi secara tepat dan cepat mempunyai kelebihan sebagai berikut:

1. Siswa dan guru akan lebih termotivasi dalam pembelajaran.
2. Konsep matematika yang berbentuk abstrak yang dengan penggunaan alat peraga yang tepat, konsep tersebut akan terlihat sangat konkret bagi siswa.
3. Alat peraga dapat menjadi jembatan untuk menghubungkan antara konsep matematika yang abstrak dengan benda-benda nyata di sekitar siswa sehingga mudah untuk melihat kaitan antara keduanya yang memicu pemahaman yang mendalam.
4. Penyajian konsep matematika yang abstrak menjadi lebih kongkret akan menjadi objek penelitian bagi penelti dan bahkan dapat saja memicu kreatifitas dan melahirkan ide baru tentang konsep tersebut.

Jenis-jenis alat peraga yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran:

a. Alat peraga model yang bertujuan untuk memvisualkan atau mengkonkritkan suatu konsep.
b. Alat peraga jembatan yang bertujuan untuk memfasilitasi kearah konsep yang benar. Alat peraga skill yang berfungsi untuk melatih pemahaman fakta, konsep atau prinsip
c. Alat peraga demonstrasi yang bertujuan mendemonstrasikan konsep, operasi dan atau prinsip matematika.
d. Alat peraga aplikasi yang bertujuan untuk memperlihatkan kepada siswa bagaimana mengaplikasikan suatu konsep.
e. Alat peraga sumber yang berfungsi sebagai sumber pemecahan masalah

Dalam penggunaan , guru harus memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pokok bahasan geometri dalam tingkatan masing-masing. misalnya dalam mengajarkan konsep bangun ruang pada siswa kelas IV, guru sebaiknya mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

a. Menyiapkan model peraga bangun ruang kubus dan balok.
b. Siswa diarahkan untuk menggambar bangun-bangun ruang pada kertas gambar yang telah disiapkan.
c. Guru kemudian memberikan contoh yang berkaitan dengan sifat-sifat bangun ruang yang berhubungan dengan rusuk, titik suduat dan sisi dengan menggunakan alat peraga.
d. Selanjutnya, siswa memberikan label berupa keterangan pada alat peraga yang telah ada di tangan siswa. Label tersebut berkaitan dengan sisi, rusuk dan titik sudut pada kubus dan balok.
e. Langkah terakhir adalah , siswa memberikan keterangan pada gambar yang sudah dibuat oleh siswa dengan memperhatikan model kubus dan balok yang sudah dilabeli sebelumnya. 
Sumber : Prof. Dr. Sunardi, M.Sc & Dr. Imam Sujadi, M.Si (2017). SUMBER BELAJAR CALON PESERTA PROGRAM PLPG : Kompetensi Pedagogik. Jakarta: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alat Peraga dalam Geometri Ruang"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...