Bangun Ruang di Sekolah Dasar: Pembelajaran Volume Kubus di Sekolah Dasar

Bangun Ruang di Sekolah Dasar: Pembelajaran Volume Kubus di Sekolah Dasar -Konsep tentang Volume merupakan salah satu konsep yang penting dan dirasakan cukup sulit bagi anak-anak usia Sekolah Dasar. Pengajaran awal tentang volume biasanya menggunakan kubus-kubus satuan dimana saat itu definisi volume masih menggunakan kubus satuan tersebut. 
Gambar Kubus Satuan
Volume kubus adalah banyaknya kubus satuan yang dapat mengisi penuh kubus sehingga tidak ada celah diantara kubus-kubus satuan tersebut. 
Posisi Menempatkan Kubus Satuan dalam kubus transparan
Sebelum siswa dibentuk pemahaman tentang volume kubus, maka dilakukan peragaan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Perlihatkan kepada siswa kubus transparan dengan panjang rusuk 5 satuan dan kubus satuan dengan panjang rusuk 1 satuan.
  2. Mintalah kepada siswa untuk mengisi bagian alas kubus transparan tersebut dengan kubus satuan sampai penuh.
  3. Mintalah kepada siswa untuk menghitung kubus-kubus satuan yang menutupi bagian alas kubus transparan. (Jawaban yang diharapkan adalah 25)
  4. Bimbinglah siswa sampai pada kesimpulan bahwa ke 25 kubus satuan yang menutupi kubus transparan dapat diperoleh dari 5 x 5yaitu sama dengan luas alas kubus transparan. 
  5. Mintalah kepada siswa untuk mengisi kubus transparan tersebut dengan kubus satuan sampai penuh.
  6. Mintalah kepada siswa untuk menghitung lapisan kubus satuan tersebut. (Jawaban yang diharapkan adalah 5)
  7. Jelaskan bahwa banyaknya lapisan kubus satuan pada rusuk tegak kubus transparan merupakan ukuran tinggi kubus tersebut
  8. Dengan menggunakan luas alas dan tinggi kubus transparan tersebut, mintalah kepada siswa untuk menentukan banyaknya kubus-kubus satuan. (Jawaban yang diharapkan adalah (5 x 5 ) x 5 = 125 kubus satuan)
  9. Bimbinglah siswa sampai mereka dapat menyimpulkan bahwa volume kubus sama dengan luas alas kali tinggi kubus, yaitu V = A x t, dengan A sebagai luas alas, dan t sebagai tinggi.
  10. Bimbinglah siswa sampai mereka dapat menyimpulkan bahwa kubus yang panjang sisinya s mempunayi luas alas A = s x s = s2 dan tinggi t = s, sehingga V = s2 x s = s3. 
 Materi materi bangun ruang di sekolah dasar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bangun Ruang di Sekolah Dasar: Pembelajaran Volume Kubus di Sekolah Dasar"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...