Tentang Pengertian Variabel Variabel dalam Penelitian

Tentang Pengertian Variabel Variabel dalam Penelitian-Dalam penelitian-penelitian terutama penelitian kuantitatif suka tidak suka seorang yang akan melakukan penelitian tidak akan dapat menghindari atau akan selalu berhubungan dengan yang namanya “variabel” penelitian. Variabel itu sendiri merujuk pada apa yang akan diukur dengan kriteria-kriteria tertentu. Karena merupakan sesuatu yang akan diukur dan diamati maka term variabel menjadi sangat penting sehingga tidak heran akan selalu ditanyakan keberadaannya pada suatu rancangan atau perencanaan penelitian seperti proposal penelitian maupun hasil pengukurannya pada hasil penelitian.

Lalu apa definisi dari variabel penelitian ?

Banyak yang mendefinisikan tentang apa yang dimaksud dengan variabel penelitian. Namun secara umum variabel penelitian adalah segala hal yang menjadi pusat perhatian untuk obyek pengamatan atau pengukuran dalam suatu penelitian.

Sebagai contoh:

Seorang peneliti ingin mengetahui prestasi matematika siswa kelas 5 SD di sebuah sekolah. Maka variabel penelitiannya adalah prestasi belajar matematika yang dapat diukur dengan cara memberikan tes atau mengambil data nilai dari guru kelas 5 dan mengolahnya. Variabel untuk kasus ini adalah variabel tunggal. Biasanya variabel tunggal muncul dalam penelitian-penelitian deskriptif.

Namun jika peneliti ingin melihat hubungan antara prestasi dengan hal lain misalnya jenis kelamin, fasilitas belajar, cara mengajar guru dan lain-lain maka akan lebih dari satu variabel yang terlibat. Variabel yang satu sebagai variabel yang dipengaruhi oleh beberapa variabel.

Sebagai contoh, peneliti mungkin ingin melihat hubungan atau pengaruh antara jenis kelamin dengan prestasi, atau hubungan antara jenis kelamin dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar.

Jika peneliti ingin melihat hubungan atau pengaruh dari variabel yang satu dengan yang lain maka munculah apa yang dinamakan dengan variabel bebas dan variabel terikat.

Lalu apa yang dimaksud dengan variabel bebas dan variabel terikat ?

Variabel bebas atau variabel independen (independent variable) adalah variabel yang menyebabkan atau memengaruhi variabel lain sesuai apa yang ingin diukur oleh peneliti. Dengan kata lain, variabel bebas ini diduga memiliki fungsi sebagai penyebab timbulnya variabel yang lain. Biasanya variabel bebas diamati atau diukur dengan untuk mengetahui bagaiman pengaruhnya terhadap variabel lain. Variabel merupakan variabel yang dapat mempengaruhi atau menjadi penyebab perubahan atau timbulnya variabel lain yang namanya variabel terikat (dependent variable).
Variabel terikat atau variabel dependen (dependent variable). Seperti halnya variabel bebas, variabel terikat juga diamati oleh peneliti dengan tujuan untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas.

Selain kedua jenis variabel di atas,masih ada variabel-variabel lain tergantung tujuan penelitian seperti variabel moderator, variabel kontrol, dan variabel intervening.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Pengertian Variabel Variabel dalam Penelitian"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...