Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangun Ruang : Kubus,Balok, Prisma Segitiga, Limas, Tabung, Kerucut Bola

Bangun Ruang : Kubus,Balok, Prisma Segitiga, Limas, Tabung, Kerucut Bola - Salah satu materi Geometri yang dibahas pada Matematika SD dan Matematika SMP adalah Bangun Ruang. Bangun ruang merupakan sebutan untuk bangun-bangun tiga dimensi atau bangun yang memiliki ruang dan dibatasi oleh sisi-sisi yang berbenruk bangun datar. Bangun ruang yang awal dikenal antara lain kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, limas dan bola yang dijelaskan masing-masing di bawah ini.

1. Kubus

Kubus merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki ciri khusus yaitu semua rusuknya yang sama panjang. Selain itu kubus merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh enam buah sisi yang sama persis (sama dan sebangun.

Kunjungi contoh soal kubus untuk melihat rumus dan contoh soalnya

2. Balok

Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk oleh enam buah persegi panjang yang saling tegak lurus. Contoh bangun ruang balok sering kita dapati dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu lemari es dan lemari pakaian.


3. Prisma segitiga

Prisma merupakan bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai alas dan atap yang berbentuk segitiga dengan ukuran yang sama.


4. Limas

Limas merupakan sebuah bangun ruang yang mempunyai alas segi n dan sisi tegaknya juga berupa segitiga.


5. Tabung

Tabung merupakan bangun ruang yang dibatasi sisi lengkung dan dua buah lingkaran atau Tabung merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki tutup dan alas yang berbentuk lingkaran dengan ukuran yang sama dab bagian selimutnya berbentuk persegi panjang.


6. Kerucut

Kerucut merupakan sebuah bangun ruang yang mempunyai alas berbentuk lingkaran dan dengan selimut yang berbentuk irisan dari lingkaran. Untuk lebih lengkapnya baca di Rumus Kerucut.


7. Bola

Bola merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi di mana permukaannya memiliki jarak yang sama terhadap titik pusatnya. Bola merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung.

Demikian artikel tentang Bangun Ruang : Kubus,Balok, Prisma Segitiga, Limas, Tabung, Kerucut Bola. Semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan dan jangan lupa dibagikan kepada orang lain yang juga membutuhkan artikel ini. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Bangun Ruang : Kubus,Balok, Prisma Segitiga, Limas, Tabung, Kerucut Bola "