Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bilangan Bulat: Pengertian Bilangan Bulat

Bilangan Bulat: Pengertian Bilangan Bulat - Dalam setiap kesempatan yang berhubungan dengan matematika seperti pada mata pelajaran Matematika, selalu tidak terhindarkan apa yang namanya bilangan. Bilangan seperti 0, 1,2, -1, -2, -20, -5000, 10.000 dan lain lain selalu ditemui dalam matematika dan kedudukannya juga sangat penting dalam matematika.

Seperti pada artikel sebelumnya tentang pengelompokan bilangan, salah satu jenis bilangan dalam kelompok tersebut adalah apa yang dinamakan dengan bilangan bulat. Lalu apakah bilangan bulat itu ?

Himpunan bilangan bulat disimbolkan dengan Z (Zahlen) yaitu suatu himpunan bilangan yang dapat dituliskan sebagai berikut: Z = {…., -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4….}.

Jadi bilangan bulat adalah semua bilangan cacah dengan semua lawan bilangan asli, atau bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat negatif, nol dan bilangan bulat positif. Jadi Bilangan bulat merupakan sub himpunan atau himpunan bagian dari bilangan real.

Letak bilangan Bulat Pada Garis Bilangan

 Pada garis bilangan, letak bilangan bulat dapat dinyatakan sebagai berikut.




Berdasarkan Gambar Garis Bilangan  di atas dapat dikemukakan beberapa hal sebagai berikut:
  • Bilangan bulat positif terletak di sebelah kanan nol, sedangkan bilangan bulat negatif terletak di sebelah kiri nol.   Sehingga dapat dikatakan bahwa untuk setiap p, q bilangan bulat berlaku
           a. jika p terletak di sebelah kanan q maka p > q;
           b. jika p terletak di sebelah kiri q maka p < q.
  • Bilangan bulat negatif = {...,–5,–4,–3,–2,–1}
  • Bilangan nol = {0}
  • Bilangan asli atau bilangan bulat positif = {1,2,3,4,5,...}
  • Bilangan ganjil = {1,3,5,7,...}
  • Bilangan genap = {2,4,6,8,...}
  • Jika ingin mengurutkan beberapa bilangan bulat, yaitu menuliskan bilangan bulat tersebut secara urut dari yang nilainya terbesar atau terkecil tinggal melihat garis bilangan bulat. Pada garis bilangan yang tertera pada gambar di atas, semakin ke kanan letak suatu bilangan, nilainya semakin besar; demikian pun sebaliknya. 
  • Setiap bilangan bulat memiliki lawan (memiliki invers)...4 merupakan lawan dari -4, lawan dari -3 adalah -(-3)=3

Demikian artikel yang berisi penjelasan singkat tentang Bilangan Bulat. Semoga Bermanfaat.
Baca Juga : Operasi Bilangan Bulat

Posting Komentar untuk "Bilangan Bulat: Pengertian Bilangan Bulat"