Pengetahuan Penting Untuk Guru Matematika di Era Revolusi Industri 4.0

Pengetahuan Penting Untuk Guru Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 - Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting. Matematika penting untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi. Tidak dapat dipungkiri peranan matematika yang begitu besar sehingga teknologi begitu berkembang pesat sekarang ini. Karena pentingnya matematika, mata pelajaran matematika diberikan kepada siswa sejak jenjang sekolah dasar. 

Di era Revolusi Industri 4.0, dimana teknologi informasi dan komunikasi menjadi aras utama kehidupan, pembelajaran matematika di sekolah juga perlu disesuaikan dan butuh inovasi-inovasi dari guru. Era ini menuntut guru untuk tidak abai terhadap perkembangan teknologi karena siswa saat ini adalah generasi milenial (Generasi Z) yang mudah belajar dan mengaplikasikan aplikasi aplikasi komputer dan ponsel terkini.

Jika anda adalah seorang guru, pernahkah berpikir bahwa tugas matematika yang diberikan kepada siswa ternyata diselesaikan menggunakan aplikasi-aplikasi matematika yang sekarang mudah sekali diinstal di ponsel pintar ? Bukankah hal ini bukanlah tujuan yang diharapkan oleh guru ? Atau pernahkan anda membayangkan bahwa suatu saat keberadaan guru di kelas sudah tergantikan oleh robot ? 

Saat ini telah berkembang teknologi pembelajaran matematika dimana siswa dapat belajar sendiri menggunakan tutorial baik pembelajaran berbasis komputer maupun pembelajaran berbasis web. Siswa dapat dengan mudah belajar melalui video pembelajaran, multimedia presentasi, maupun tutorial yang dapat dilihat lewat smartphone atau komputer. Selain itu saat ini telah banyak tersedia konten-konten pembelajaran berbasis web yang mudah diakses sehingga suatu saat guru tidak perlu bertatap muka dengan siswa.

Pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi pembelajaran belum cukup bagi guru matematika di era revolusi industri 4.0. Anda tahu bahwa perkembangan teknologi telah membawa siswa pada karakter karakter yang tidak sesuai dengan budaya sendiri. Selain itu, berkembangnya pengetahuan dan penelitian terkait etnomatematika telah membawa perubahan untuk pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal. 

Akhirnya untuk hal penting terkait judul artikel ini, pengetahuan penting apakah yang perlu dikuasai guru agar dapat mengelola pembelajaran matematika di era Revolusi Industri 4.0 ? Jawabannya adalah: (1)Penguasaan konten atau materi pembelajaran (2) Pengetahuan pedagogi, (3) Pengetahuan dan penguasaan teknologi pendidikan baik berbasis web atau komputer dan (4) Pengetahuan tentang budaya dan sejarah matematika.

Itulah empat kemampuan atau pengetahuan yang perlu dikuasai guru matematika di era revolusi industri 4.0. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel